Ketahui Fakta Seputar Usia Terkena Diabetes

Thursday, June 7th, 2018

Usia terkena diabetes selama ini diyakini  berada pada rentang 40-49 tahun. Berdasarkan data valid dari WHO pada tahun 2015, prosentase kematian akibat penyakit diabetes mencapai 1,6 juta di seluruh dunia. Bahkan, pasien penderita kadar gula darah tinggi tersebut meninggal sebelum mencapai angka 70 tahun. Angka ini tentu menjadi sebuah sorotan utama bahwa diabetes tak hanya menyerang orang yang telah berusia lanjut namun usia muda.

Apakah Anak-anak Dan Remaja Tergolong Usia Terkena Diabetes?

Ya, selama ini usia terkena diabetes berada di kisaran produktif yaitu 40 tahun ke atas. Pada usia 45 sampai dengan 64 tahun, para pasien mengalami perkembangan penyakit diabetes yang semakin cepat. Hal ini akan semakin berkembang saat penderita berusia 65 tahun ke atas. Namun, hal tersebut terus mengalami perubahan seiring perkembangan gaya hidup yang tidak sehat.

WHO sendiri melaporkan bahwa usia terkena diabetes telah berkembang dikalangan remaja berusia dibawah 18 tahun yang mencapai prosentase dari 4,7% pada tahun 1980 menjadi angka 8,5 tahun 2014 lalu. Sebuah angka yang cukup memprihatinkan dikalangan anak-anak muda. Jumlah kasus diabetes dikalangan anak-anak diprediksi bakal terus meningkat termasuk prosentase penderita di Indonesia.

Hal-hal Yang Mempengaruhi Usia Penderita Diabetes

Selain faktor genetik, seseorang mengalami risiko terkena penyakit diabetes dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini.

  • Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas
  • Memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti istirahat kurang teratur, pola makan tidak terjaga, jarang olahraga, mengkonsumsi alkohol dan merokok
  • Mengalami penyakit pembuluh darah pada usia muda
  • Memiliki kadar kolesterol tinggi akibat suka mengkonsumsi makanan berlemak
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes gestasional yaitu kenaikan kadar gula darah tinggi pada ibu hamil yang sangat berpengaruh pada janin yang dikandung
  • Mengalami sindrom ovarium poliklistik pada wanita

Beberapa hal tersebut mempengaruhi seseorang terkena penyakit diabetes. Jadi, diabetes hanya menyerang usia dewasa tidak sepenuhnya benar.

Gaya hidup yang semakin tidak sehat mempengaruhi usia terkena diabetes juga didominasi kalangan muda. Meski memiliki faktor genetik, risiko diabetes bisa ditekan jika orang mulai memperhatikan gaya hidup yang lebih baik.

Cara Memperpanjang Usia Terkena Diabetes

Data WHO juga menunjukkan bahwa dari sekian penderita diabetes, hampir 43% penderita meninggal sebelum memasuki usia 70 tahun. Sebenarnya ada banyak cara menekan risiko kematian diabetes pada masa yang produktif dengan memperhatikan 6 cara berikut ini.

  1. Minum obat yang diberikan dokter dengan teratur

Hal pertama yang harus dilakukan penderita diabetes adalah mengkonsumsi obat pengontrol darah. Dokter biasanya akan memberikan jenis obat metformin untuk mengendalikan kadar gula darah. Kecuali pada kasus diabetes yang akut, suntik insulin bisa menjadi opsi lain. Jika ingin usia terkena diabetes panjang, sebaiknya memang mematuhi semua anjuran dokter.

  1. Menerapkan pola makan yang baik

Banyak usia terkena diabetes yang tidak panjang karena faktor mengelola pola makan. Penderita penyakit ini harus memperhatikan menu makanan yang tepat jenis, jumlah dan jadwal. Anda harus mengganti menu makanan menjadi karbohidrat kompleks yang mengandung serat seperti gandum atau nasi merah. Penderita juga wajib mematuhi jumlah porsi dan jadwal makan yang tepat sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

  1. Memakai alas kaki yang tepat

Usia terkena diabetes bisa panjang jika mampu merawat dan menjaga kulit. Sebab kondisi syaraf pada orang yang memiliki kadar gula darah tinggi telah rusak khususnya di bagian kaki. Jika kaki terluka atau memiliki borok, membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Sangat direkomendasikan memakai alas kaki yang bersol tebal  dan punggung kaki tertutup agar tidak terjadi luka.

  1. Rajin berolahraga

Meski usia terkena diabetes kerap tidak sampai 70 tahun bukan berarti para penderita menjadi pasrah. Anda bisa memperpanjang angka harapan hidup dengan rajin berolahraga. Biasakan diri untuk melakukan jalan-jalan santai setidaknya 30 menit saja setiap hari.

  1. Menjaga kebersihan mulut

Pada usia terkena diabetes, infeksi mulut kerap terjadi akibat kebiasaan tidak menyikat gigi setelah makan. Sebaiknya selalu bersihkan gigi dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari atau menggunakan benang gigi. Kebersihan mulut yang terjaga dengan baik bisa meminimalisir risiko infeksi mulut.

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Ada banyak manfaat antioksidan untuk tubuh seperti menjaga kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas. Usia terkena diabetes muda bisa rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti bayam, brokoli, buah bit, buah anggur dan sebagainya.

6 cara meningkatkan angka harapan hidup usia terkena diabetes di atas bisa menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Mengidap diabetes bukan berarti Anda harus pasrah dan menunggu kematian datang. Gaya hidup sehat bisa membantu usia terkena diabetes produktif memiliki harapan berumur panjang mulai sekarang. Baca juga artikel tentang penurun kolesterol paling ampuh di website ini