Ternyata Inilah 7 Jenis Tanaman Tanaman Herbal Untuk Diabetes!

Thursday, June 7th, 2018
Tanaman Herbal Untuk Diabetes

Siapa yang belum mengenal penyakit diabetes? Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang tidak bisa Anda anggap sepele. Hal ini dikarenakan jika terus-menerus menderita bisa semakin parah maka dapat menyebabkan kematian. Kalau sudah begini maka penyakit diabetes ini harus diobati dengan jalan medis maupun obat-obatan tradisional. Seperti misalnya tanaman herbal untuk diabetes.

Di negara kita sendiri ada banyak tanaman herbal yang masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Namun sekarang ini sudah ada pengobatan tradisional yang menggunakan tanaman tradisional untuk mengobati diabetes. Lantas apa saja sih tanaman herbal untuk diabetes ini? Maka dari itu kita simak selengkapnya berikut ini.

 

Daftar Jenis Tanaman Herbal untuk Diabetes

Perlu Anda ketahui ada beberapa tanaman herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Untuk mengetahui apa saja jenis tanaman herbal untuk diabetes tersebut.

  1. Bawang merah

Siapa sangka jika bawang merah ini tergolong sebagai jenis tanaman herbal untuk diabetes. Bawang merah sendiri mengandung quercetin yakni zat yang dapat membantu menurunkan gula darah. Tak hanya itu, bawang merah juga bisa berguna untuk mencegah retinopati yang umumnya menyertai gejala diabetes pada stadium akhir.

Adapun cara mengonsumsinya yakni dengan memasaknya hingga berbentuk seperti gel. Kemudian saringlah bawang merah gelĀ  tersebut untuk dikonsumsi rutin hingga dapat menyembuhkan penyakit diabetes yang diderita.

  1. Brotowali

Siapa yang belum mengenal tanaman brotowali? Jenis tanaman ini terkenal bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan juga dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Meski terasa pahit tanaman brotowali ini juga menyegarkan. Tanaman herbal brotowali sendiri memiliki kandungan hipoglimik yakni zat yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi tidak heran jika tanaman ini tergolong sebagai tanaman herbal untuk diabetes.

  1. Biji alpukat

Banyak orang yang seringkali mengabaikan biji alpukat bahkan membuangnya begitu saja. Siapa sangka jika biji yang dianggap sepele ini tergolong dalam jenis tanaman herbal untuk diabetes. Hal ini dikarenakan biji alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh.

  1. Lidah buaya

Jika lidah buaya identik dengan shampoo dan masker. Maka siapa sangka jika lidah buaya juga termasuk salah satu jenis tanaman herbal untuk diabetes. Cara memperolehnya sendiri pun sangatlah mudah. Anda bahkan bisa menanamnya dirumah sebagai obat diabetes.

Cara mengolah tanaman herbal untuk diabetes ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu mencuci 1 batang lidah buaya hingga bersih. Kemudian buang bagian duri dan ujungnya setelah itu potong kecil-kecil. Setelah itu Anda bisa merebusnya dengan menambahkan 3 gelas air hingga mendidih dan bersisa sekitar 1,5 gelas saja. Jika sudah jadi maka konsumsilah rebusan air lidah buaya tersebut dalam 3×1,5 gelas per harinya sesudah makan.

  1. Kayu manis

Tanaman yang identik dengan bumbu masakan yang digunakan sebagai penyedap rasa ini adalah tanaman herbal untuk diabetes yang bisa Anda jadikan alternatif. Terlebih jika Anda sedang menderita diabetes type 2 maka kayu manis ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai obat penyembuhnya. Hal ini dikarenakan kayu manis bisa merespon hormon insulin serta membuat kadar gula di dalam darah menjadi normal seperti sediakala.

Adapun cara dalam mengolahnya untuk menjadi obat diabetes adalah dengan menyiapkan bubuk kayu manis. Anda bisa memperolehnya dengan cara membeli dipasar atau toko terdekat. Setelah itu Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 1,5 teh per harinya. Jika mau lebih praktis maka Anda bisa menambahkannya pada makanan ataupun minuman seperti teh hingga kopi.

  1. Teh hijau

Jenis tanaman herbal untuk diabetes lainnya adalah teh hijau. Jika Anda biasa menggunakannya untuk merawat kecantikan kulit maka kali ini Anda juga bisa menggunakan tanaman ini untuk mengobati diabetes. Adapun kandungan polifenolnya yang akan meningkatkan sensitifitas sel kepada insulin yang ada di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari agar gula darah Anda dapat stabil serta fungsi dari pankreas dapat diperbaiki untuk memproduksi insulin dengan normal kembali.

  1. Air tebu

Siapa sangka jika air dari tanaman tebu ini bisa Anda jadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes. Memang pasti sudah banyak yang beranggapan jika air dari tanaman tebu ini memiliki rasa manis sehingga malah menambah gula darah dalam tubuh kita. Namun dibalik itu semua nyatanya tanaman herbal untuk diabetes bisa digunakan sebagai obat guna menurunkan kadar gula di dalam darah kita.

Bagaimana bisa air tebu yang memiliki rasa manis dijadikan sebagai obat herbal untuk diabetes? Karena memang jika sudah diolah menjadi gula yang melalui beragam proseslah yang harus dihindari. Anda bisa mengonsumsi air tebu ini secukupnya saja.

Nah itulah beberapa tanaman herbal untuk diabetes yang bisa Anda andalkan. Pilihlah beberapa tanaman diatas yang menurut Anda paling mudah untuk dijumpai. Tetap semangat dan rajin mengonsumsi tanaman herbal untuk diabetes tersebut hingga sembuh kembali.

Baca juga : penurun kolesterol secara alami