Tips Mengatasi Gigitan Serangga
08 Jul 2019

Gigitan serangga yang terjadi pada kulit biasanya akan menimbulkan sensasi gatal, panas, hingga pembengkakan. Kondisi tersebut tentu menyebabkan tidak nyaman saat beraktivitas, terlebih lagi bila serangga cukup berbahaya, seperti lebah, nyamuk, atau ulat. Seringkali juga gigitan serangga menimbulkan demam hingga mual bila kebetulan serangga tergolong beracun. Maka dari itu, tips mengatasi gigitan serangga menjadi penting dipelajari sebagai langkah pertama mengatasi serangan tersebut.

Untuk mengatasi gigitan serangga, biasanya orang zaman dulu menggunakan getah dari beberapa jenis pohon. Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, cara semacam itu tidak lagi digunakan. Banyak diantara korban gigitan serangga memilih untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat. Nah, sebelum memutuskan ke dokter ada baiknya mencoba tips berikut sebagai tindakan awal mengatasi gigitan serangga di rumah.

 

Cara Mengatasi Gigitan Serangga di Rumah

Berikut adalah langkah awal dalam mengatasi gigitan serangga di rumah:

  1. Hindari Guncangan

Mengguncangkan bagian tubuh yang terkena gigitan serangga justru akan mempercepat penyebaran racun dari serangga tersebut. Biasanya, tindakan mengguncangkan area gigitan ini dilakukan saat korban panik atau sekadar ingin serangga cepat pergi dari tubuhnya. Namun, langkah ini tidak disarankan karena lebih baik mendiamkan lengan atau bagian tubuh yang terkena serangga sambil melakukan tindakan selanjutnya untuk mengatasi gigitan serangga.

  1. Manfaatkan Backing Soda dan Cuka Apel

Tips selanjutnya untuk mengatasi gigitan serangga adalah dengan memanfaatkan backing soda dan cuka apel. Rasanya, kedua bahan tersebut bisa dijumpai di rumah atau dijual secara bebas. Untuk mengatasi luka yang diakibatkan gigitan serangga campurkan setengah sendok teh backing soda dengan beberapa tetes cuka apel. Setelah tercampur rata, oleskan pada bagian luka gigitan tersebut dan biarkan sampai kering. Mulanya, luka akan terasa perih sampai nanti pasta mengering dan bisa dibilas menggunakan air dingin.

  1. Gel Lidah Buaya

Mengatasi gigitan serangga juga bisa dengan memakai lidah buaya. Tanaman penuh manfaat ini diperkaya kandungan anti inflamasi, vitamin E dan mineral alami untuk membantu merangsang kulit dan menghentikan peradangan yang terjadi. Cukup bersihkan luka gigitan serangga, kemudian oleskan gel lidah buaya pada luka tersebut. Biarkan hingga 20 menit, lanjutkan dengan bilas air bersih untuk mengurangi bengkak dan gatalnya.

  1. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi menjadi obat mujarab untuk luka bekas gigitan serangga. Mengatasi gigitan serangga dengan pasta gigi bisa dilakukan langsung setelah gigitan mengalami bengkak atau gatal dan perih. Meski sensasi panas saat diolesi pasta gigi, nyatanya pemberian pasta gigi selama 1 jam ini bisa mengurangi peradangan akibat gigitan serangga.

  1. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil atau minyak pohon kelapa sudah terkenal akan banyak manfaatnya. Satu diantara manfaat minyak pohon kelapa adalah untuk mengatasi gigitan serangga. Meskipun serangga tergolong beracun, gunakan minyak pohon kelapa untuk olesan pada luka sebelum memutuskan menghubungi dokter. Minyak pohon kelapa bisa membantu menghambat infeksi serta berguna sebagai anti inflamasi.

  1. Madu dan Lemon

Mengatasi gigitan serangga selanjutnya bisa dengan madu murni yang dioleskan pada bagian luka gigitan. Campurkan madu dan air perasan lemon secukupnya, kemudian oleskan pada luka tersebut. Luka akan terasa perih sesaat menandakan racun dari serangga sudah berhasil dikendalikan. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit untuk menetralisir racun dan bilas menggunakan air hingga bersih.

  1. Kompres Air Dingin

Selain menggunakan air dingin, bisa juga mengatasi gigitan serangga dengan es batu. Es batu diyakini mampu membekukan racun serangga agar tidak menyebar terlampau cepat di peredaran darah. Taruh es batu yang dibungkus dengan handuk lembut dan kompres pada luka gigitan selama beberapa menit.

Ulangi, sampai bengkak mengalami pengurangan volume. Setelah bengkak yang dialami kempes perlahan, lanjutkan dengan beberapa langkah lainnya seperti menaruh pasta gigi dan sejenisnya.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi gigitan serangga secara mandiri sebelum memutuskan menghubungi dokter atau melakukan tindakan medis. Dengan pemahaman mengenai pertolongan awal gigitan serangga, kiranya bisa meminimalkan ketergantungan pada obat medis. Namun, penanganan yang lebih serius dibutuhkan ketika luka gigitan semakin bengkak atau indikasi berbahaya lainnya.

Artikel menarik Lainya : https://ofir.co.id/penurun-kolesterol/