Mengenal Deretan Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Thursday, June 7th, 2018
Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Melakukan olahraga dengan konsisten dan teratur sangatlah penting apalagi bagi para penderita diabetes. Salah manfaat olahraga untuk para penderita diabetes adalah membantu dalam peningkatan sensivitas insulin serta menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Olahraga untuk penderita diabetes sendiri ada beragam jenis mulai dari renang, yoga, hiking bahkan sampai latihan kekuatan. Deretan olahraga ini direkomendasikan untuk para penderita diabetes lantaran memberikan dampak baik.

Mengenal Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Apabila Anda adalah seorang penderita diabetes, Anda tidak perlu takut untuk melakukan olahraga mengingat olahraga adalah salah satu cara agar kesehatan Anda membaik. Agar niat Anda untuk melakukan olahraga semakin tinggi, mari melihat dan mengenal olahraga untuk penderita diabetes lengkap dengan manfaatnya berikut ini.

1. Renang

Renang menjadi salah satu olahraga yang disarankan. Bahkan, aktifitas ini menjadi olahraga yang sempurna bagi mereka yang menderita diabetes mulai dari diabetes tipe satu sampai diabetes tipe dua.

Bagi semua penderita diabetes, renang efektif dalam membuat tubuh lebih aktif dan sehat. Olahraga yang satu ini memang tidak menggetarkan bagian seperti olahraga basket, tenis dan jogging.

Bahkan juga berbeda dengan bowling dan golf. Olahraga untuk penderita diabetes ini membuat tubuh Anda dapat bergerak lebih lama.

Bila dilihat dari perannya, olahraga ini termasuk olahraga kebugaran kardiovaskular dimana kegiatannya berkaitan dengan oksigen dan memompa darah. Renang diketahui dapat melatih kedua otot tubuh atas dan bawah secara bersamaan. Berenang juga efektif membakar kalori dari 350 hingga 420 kalori per jamnya.

Tahukah Anda bahwa hal tersebut sangat baik terutama bagi orang-orang yang sudah mati rasa atau penderita neuropati diabetik. Mengapa? Karena renang tidak membahayakan.

Berenang juga dapat membuat perasaan para penderita diabetes merasa senang karena produksi endorfin pada tubuh berjalan maksimal. Karena itu, tidak salah lagi bila renang direkomendasikan sebagai olahraga untuk penderita diabetes.

2. Hiking

Selain renang, olahraga untuk penderita diabetes yang disarankan yaitu hiking. Hiking adalah aktifitas terbaik yang bermanfaat dalam menurunkan berat badan serta meningkatkan kesehatan para penderita diabetes. Bagi penderita diabetes tipe dua, kondisi menurunnya berat badan menjadi pertanda penting.

Pada saat seseorang melakukan hiking dengan jarak tempuh sekitar 3 km per jam, setidaknya ada sekitar 240 kalori yang dibakar dalam kurun waktu jam dengan ketentuan berat badan orang tersebut sekitar 68 kg.

Lebih dari itu, olahraga untuk penderita diabetes seperti hiking juga bermanfaat sebagai penurunĀ  kolesterol alami , kolesterol adalah yang menjadi penyebab umum penyakit berbahaya seperti jantung dan penyakit kompilasi dalam waktu yang panjang.

Secara spesifiknya, olahraga hiking atau berjalan bisa menurunkan norepinephrin plasma yang punya korelasi dengan tekanan darah. Berjalan juga dapat membantu dalam mengendalikan hipertensi agar tidak terjadi.

Bahkan penelitian memperlihatkan bahwa olahraga untuk penderita diabetes yang dilakukan secara teratur misalnya saja berjalan akan membuat tekanan darah sistolik menurun serta tekanan diastolik menjadi 10 mmHg.

3. Yoga

Yoga juga menjadi satu dari sekian banyak jenis olahraga untuk penderita diabetes yang paling efektif. Melakukan olahraga yoga dengan teratur dipercaya dapat memperlancar pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan peran dari neurologis serta endokrin organ.

Yoga bahkan juga dapat mencegah datangnya penyakit kronis dan memberikan bantuan untuk mengatasi beberapa penyakit kronis dan menjadikan tubuh lebih berenergi serta sehat.

Seperti yang banyak diketahui, diabetes sendiri terdiri dari dua jenis diantaranya diabetes tipe satu yang identik dengan tidak adanya insulin dan kedua adalah diabetes tipe dua yang identik dengan kondisi pankreas yang tidak menghasilkan insulin secara maksimal.

Latihan olahraga untuk penderita diabetes seperti yoga juga bisa dilakukan untuk pencegahan diabetes tipe dua. Dimana diabetes tipe ini selalu dikaitkan dengan gaya hidup serta stress.

4. Latihan Kekuatan

Olahraga untuk penderita diabetes selanjutnya ialah latihan kekuatan. Olahraga ini juga direkomendasikan karena manfaatnya banyak terutama bagi penderita diabetes. Latihan kekuatan juga bisa Anda masukkan ke dalam rencana kebugaran setiap minggunya. Anda juga tidak perlu datang ke tempat latihan seperti gym.

Karena untuk melakukan hal ini Anda dapat memanfaatkan bobot genggaman atau band resistensi atau bisa juga dengan memanfaatkan berat badan Anda untuk membangun otot.

Olahraga untuk penderita diabetes ini membantu tubuh dalam merespon insulin, mengontrol gula darah, menurunkan potensi penyakit jantung serta dapat menurunkan berat badan.

Melihat manfaatnya besar, tidak heran banyak ahli menyarankan latihan kekuatan sebagai olahraga untuk penderita diabetes.

Jadi, meski sedang menderita diabetes, kita tetap harus melakukan olahraga dengan teratur dan konsisten. Deretan olahraga untuk penderita diabetes di atas bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Bila Anda ingin mencoba semuanya, buatlah jadwal olahraga harian dengan tepat. Dengan begitu, olahraga bisa berjalan dengan efektif.