Mengenal Lebih Dekat Apa Saja Penyebab Kolesterol Tinggi
08 Jul 2019

Gaya hidup seseorang mempengaruhi kesehatan jangka panjangnya. Jika gaya hidup tidak sehat sudah terjadi sejak lama, maka tidak heran apabila orang tersebut mudah jatuh sakit. Tetapi untuk kebanyakan orang memiliki kebiasaan yang tidak baik atau gaya hidup tidak sehat sudah melekat sejak lama.

Kembali pada pola asuh orang tua sejak lahir. Dan tentu hal tersebut ada kaitannya dengan pola makan sehari-hari. Kebiasaan buruk yang diterapkan seperti pola makan tidak sehat, mampu menjadi penyebab kolesterol tinggi pada tubuh lho.

Penumpukan lemak jenuh yang tinggi pada tubuh dapat mengakibatkan penyumbatan peredaran darah. Kemudian menghadirkan berbagai macam penyakit akibat pola makan tidak sehat tersebut.

Lalu bagaimana untuk menghindari kolesterol tinggi agar tidak meningkat dalam tubuh? Bisa dengan memperbaiki pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Penyebab kolesterol tinggi bisa dari berbagai sumber, tetapi yang lebih berpengaruh adalah pola makan. Asupan makanan sehat dapat menjadi penurun kolesterol tinggi dalam tubuh.

Menghindari makanan yang berminyak dan berlemak tinggi adalah yang wajib dilakukan, agar tidak meningkat kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kenali Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

  1. Pola Makan Tidak Sehat
  2. Kurang Gerak, Beraktivitas dan Olahraga
  3. Kebiasaan Buruk
  4. Obesitas atau Kelebihan Berat Badan
  5. Usia Bertambah

Meningkatnya kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bisa dipicu oleh banyak faktor. Salah satunya bisa terjadi  karena memiliki pola makan tidak sehat. Faktor-faktor yang umum terjadi dan menyebabkan seseorang terserang kolesterol tinggi antara lain adalah:

  1. Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan buruk makan makanan berlemak dan berminyak dapat menyebabkan seseorang terkena kolesterol tinggi dalam tubuh. Kadar lemak jenuh tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan dan terhambatnya aliran darah.

Makan makanan junkfood atau makanan cepat saji, bersantan, goreng-gorengan dan makanan mengandung lemak jahat adalah penyebab kolesterol tinggi. Pola makan tidak sehat sangat merugikan kesehatan. Perbaiki pola makan segera.

  1. Kurang Gerak, Beraktivitas dan Olahraga

Kurangnya aktivitas luar ruang atau berolahraga juga meningkatkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Jarang bergerak bisa mengakibatkan penumpukan lemak jenuh dari makanan-makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Jika tidak ada pembakaran seperti melakukan olahraga rutin maka lemak jenuh akan semakin tinggi menumpuk dalam darah. Inilah yang bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi.

  1. Kebiasaan Buruk

Memiliki kebiasaan yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi alcohol dan merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Karena minuman beralkohol dan rokok dapat memicu trigliserida dalam darah meningkat yang kemudian menciptakan kadar kolesterol tinggi. Jauhi minuman beralkohol dan rokok untuk kesehatan jangka panjang Anda.

  1. Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Tubuh yang kelebihan berat badan identic dengan penumpukan lemak dalam darah. Itulah sebabnya obesitas dikaitkan dengan penyebab kolesterol tinggi karena terdapat penumpukan kadar lemak jenuh yang tinggi pada tubuh.

Kelebihan berat badan juga bisa diklasifikasikan oleh beberapa hal seperti akibat pola makan, gaya hidup tidak sehat dan genetic atau keturunan. Untuk menghindari obesitas lebih baik menerapkan gaya hidup sehat.

  1. Usia Bertambah

Pertambahan usia mampu menjadi pemicu kolesterol tinggi lho. Semakin bertambah usia seseorang dapat meningkatkan arterosklerosis yang semakin besar juga. Penumpukan plak pada dinding arteri tersebut yang bisa menimbulkan kolesterol tinggi.

Jadi, untuk mengantisipasi penumpukan plak pada pertambahan usia lebih baik merubah gaya hidup yang tidak sehat mulai dari sekarang.

Penyebab kolesterol tinggi memang bisa dari banyak faktor, dari faktor yang paling kecil hingga faktor yang terbesar. Seperti faktor genetic atau keturunan juga berpengaruh besar dalam menurunkan suatu permasalahan kesehatan seperti kolesterol tinggi ini.

Biasanya penurunan kolesterol tinggi dalam keluarga disebut dengan familial hypercholesterolaemia (FH). Meski penderita genetic kolesterol sudah mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaganya, tetap saja akan memiliki kolesterol tinggi karena mewarisi kondisi tersebut.

Namun, siapa yang tahu kesehatan kita akan terus terjaga atau pun tidak. Bisa saja hari ini sehat, besok bisa langsung jatuh sakit. Oleh sebab itu, mengenali tanda dan gejala untuk kolesterol memang sedikit rumit.

Penyebab kolesterol tinggi yang paling bisa dicegah adalah dengan merubah pola makan sehari-hari. Karena asupan makanan dan minuman yang memiliki andil terbesar dalam menciptakan kolesterol dalam tubuh.

Sebab makanan juga merupakan hal pokok bagi tubuh manusia di seluruh dunia, maka memiliki teknik yang tepat dalam mengontrol kolesterol juga perlu dan penting untuk diterapkan.

Mengetahui kolesterol apakah tinggi atau tidak hanya bisa dengan melakukan tes darah untuk mendekteksi kadar kolesterolnya.

Namun, terkadang gejala yang ditimbulkan bisa ditandai tengkuk pegal, pusing pada bagian kepala belakang dan sering kesemutan akibat tubuh tidak mendapatkan cukup aliran darah.

Tetapi tanda-tanda tersebut bisa sesaat dan juga bisa sering. Jadi tidak terlalu memunculkan kekhawatiran dan kecemasan ketika tanda tersebut muncul. Karena untuk sebagian orang tanda tersebut terasa biasa saja. Pengabaian inilah yang berbahaya, sebab mengakibatkan penumpukan kolesterol yang terlalu lama dalam tubuh. Lalu dapat memicu berbagai macam penyakit berdatangan seperti stroke dan jantung.

Mengatasi Kolesterol Tinggi Dengan Segera

Setelah tahu bahwa kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal, terutama pada makanan, saatnya untuk mencari solusi yang paling tepat.

Penyebab kolesterol tinggi yang paling umum terjadi adalah karena asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Dengan begitu mencegah agar kolesterol tinggi tidak meningkat harus memperbaiki pola makan. Bisa dengan mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak.

Beberapa makanan yang mengandung lemak tinggi ini harus dihindari:

  • Daging merah
  • Ayam goreng
  • Jeroan hewan, seperti hati
  • Kentang goreng
  • Kuning telur
  • Susu tinggi lemak
  • Eskrim

Makanan-makanan di atas perlu untuk dikurangi atau kalau bisa dihentikan agar tidak meningkatkan kolesterol tinggi dalam darah. Studi di Harvard School Of Public Health meneliti kentang goreng ternyata mengandung kolesterol tinggi akibat senyawa nabati yang terhidrogenasi.

Inilah yang kemudian menjadikan kentang goreng tidak baik untuk dikonsumsi dalam porsi banyak dan sering.

Jika sudah terlanjur terserang kolesterol tinggi segera konsumsi penurun kolesterol yang tepat. Lebih baik segera atasi dengan segera agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit bermunculan.

Memperbanyak makan makanan yang mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh, omega-3 dan berserat memang bagus untuk dilakukan secara teratur.

Selain memperbanyakan makanan penurun kolesterol, juga bisa dengan meracik sendiri minuman penurun kolesterol.

Penyebab kolesterol tinggi yang sebagian besar karena makanan, menurunkannya dengan bahan-bahan alami merupakan pilihan cerdas. Tubuh akan lebih menerima bahan alami dibandingkan obat-obatan kimia.

Tapi banyak orang menginginkan jalan pintas dan tidak memikirkan dampak serta risikonya untuk kesehatan jangka panjang.

Beberapa bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah bisa dijadikan penurun kolesterol tinggi lho. Penyebab kolesterol tinggi memang merepotkan, di mana mampu memicu banyak penyakit akibat peredaran darah tidak bekerja dengan baik dalam darah.

Banyak orang yang kemudian terburu-buru dalam memilih produk penurun kolesterol yang beredar di pasaran. Lebih baik baca dengan teliti terlebih dahulu kandungan pada produk yang akan dibeli ya. Agar mengatasi masalah kesehatan bukan malah sebaliknya.

Beberapa bahan-bahan alami yang bisa dijadikan penurun kolesterol adalah bawang putih lanang, lemon, bawang merah, cuka apel, minyak kelapa, ragi beras merah dan kacang-kacangan.

Lemon dan cuka apel bisa dijadikan minuman penurun kolesterol alami jika Anda memilih untuk menghindari obat-obatan kimia.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh, namun lebih bijak dalam memilih produk penurun kolesterol juga penting untuk diterapkan dalam hidup.

Kenali kondisi tubuh dengan baik dan teliti dalam memilih produk untuk kesehatan merupakan wujud rasa syukur mencintai diri sendiri. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga dapat menunjang kesehatan Anda untuk hari tua.