Mendeteksi Penyakit Jantung Koroner Akibat Kolesterol Tinggi
28 Aug 2019


Berbagai macam makanan kini tersaji di banyak restoran atau tempat makan yang berada d sekitar kita. Mengontrol makanan sehari-hari terasa lebih berat dan sulit. Namun, jika tidak dikontrol dengan baik maka yang akan terjadi akan banyak penyakit berbahaya menyerang tubuh.

Seperti penyakit jantung koroner, yang kerap sekali menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia ini. Mendeteksi penyakit jantung koroner akibat kolesterol tinggi kini bisa dideteksi dengan mudah. Salah satunya adalah dengan mengetahui tanda-tanda gejala penyakit jantung koroner yang telah dirasakan.

Salah satu pemicu penyakit jantung koroner di dalam tubuh merupakan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan seperti goreng-gorengan, junk food, fast food, manis dan lain sebagainya tersebut adalah makanan yang dapat menimbulkan kadar gula dalam tubuh meningkat tinggi.

Kolesterol tinggi dalam tubuh mampu menyebabkan peredaran darah tidak lancar, sehingga jantung tidak mendapatkan aliran darah dengan baik. Mendeteksi penyakit jantung koroner akibat kolesterol tinggi sebaiknya dilakukan sejak dini. Agar tidak menimbulkan dampak buruk lainnya pada tubuh.

 

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Akibat Kolesterol Tinggi

Tidak semua kolesterol itu buruk buat tubuh, ada juga kolesterol baik yang memiliki peran penting juga dalam kinerja tubuh agar lebih maksimal. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung kolesterol tinggi sehingga perlu untuk dibatasi dalam mengkonsumsinya sehari-hari.

Penyakit jantung koroner memang menjadi ancaman yang sangat serius bagi kesehatan, menjaga pola makan sehari-hari perlu untuk diterapkan. Penumpukan kolesterol tinggi dalam tubuh akan memicu penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya berdatangan sehingga terhambatnya proses kinerja tubuh akan sangat berbahaya bagi kesehatan jangka panjang seseorang.

Kolesterol tinggi jika dibiarkan terlalu lama dalam tubuh bisa mengganggu fungsi pada jantung yang kemudian menyebabkan gejala penyakit jantung koroner muncul.

Berikut cara mencegah kolesterol tinggi agar tidak memicu penyakit jantung koroner datang:

1.Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan menjadi hal pokok untuk tubuh manusia. Tanpa makanan tubuh tidak mendapatkan asupan energi sehingga tubuh akan menjadi lemah. Daya tahan tubuh juga akan menurun jika tubuh tidak cukup mendapatkan asupan makanan bergizi. Menerapkan pola makan sehat menjadi hal yang bagus untuk kesehatan manusia.

Menghindari makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi pada tubuh memang harus dilakukan untuk mencegah agar tidak memicu penyakit jantung koroner muncul. Sebaiknya hindari makanan cepat saji, junk food, fast food, makanan manis, goreng-gorengan dan daging merah atau berlemak tinggi. Perbanyak makanan sehat dan berserat untuk menjaga pola makan sehat tetap terjaga.

2.Olahraga Rutin

Selain harus menjaga pola makan sehat, yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan olahraga rutin agar tubuh lebih segar. Mencegah penyakit jantung coroner dengan rajin atau rutin berolahraga merupakan langkah yang paling tepat. Olahraga selama kurang lebih 30 menit sehari dapat menyehatkan jantung dan otot tubuh.

Olahraga juga dapat mengurangi kadar lemak dalam darah lho, sehingga menghindarkan tubuh seseorang kelebihan lemak jahat. Selain itu, olahraga juga mampu menjaga berat badan Anda pada kondisi ideal. Minimal melakukan jogging di pagi hari rutin selama beberapa jam saja sudah sangat menguntungkan tubuh.

3.Batasi Minum Minuman Beralkohol

Tahukah Anda? Alcohol dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh meningkat. Alcohol juga memicu terjadinya gejala penyakit jantung coroner. Itu sebabnya para alcoholic lebih rentan terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi alcohol. Jika masih belum bisa menghentikan aktifitas minum alcohol, sebaiknya membatasi dalam sehari bisa minum 2 gelas untuk pria. Dan untuk wanita dianjurkan 1 gelas per hari.

4.Berhenti Merokok

Bagi perokok, kalimat tersebut adalah sebuah kata-kata horror. Menghentikan rutinitas merokok yang sudah menjadi kebiasaan memang tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang sudah kecanduan dengan rokok. Hal ini tentu akan sangat sulit. Namun, tahukah Anda bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit bermunculan, salah satunya penyakit jantung coroner.

Mencegah penyakit jantung dengan berhenti merokok adalah langkah yang paling tepat. Yang kita ketahui adalah rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, namun tidak hanya penyakit kanker paru-paru saja yang datang. Dampaknya juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung coroner sendiri adalah penyakit kardiovaskular. Sehingga merokok mampu meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak merokok.

 

Mendeteksi Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung kerap menjadi hal yang paling menakutkan. Sebab, gejala dan tanda biasanya bisa mendadak. Oleh sebab itu banyak gejala dan tanda penyakit jantung setiap orang akan berbeda-beda. Namun pada umumnya, gejala awal yang biasa terjadi pada penyakit jantung coroner antara lain adalah:

  • Nyeri pada dada
  • Sering mengalami sesak nafas
  • Hilang kesadaran secara tiba-tiba
  • Badan selalu lemas
  • Mengalami pusing yang berlebihan
  • Detak jantung mulai tidak teratur

Gejala penyakit jantung coroner yang sudah timbul pada tubuh tentu tidak boleh diabaikan begitu saja. Jika sudah mendapati gejala tersebut sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Semakin cepat ditangani dengan benar, akan semakin membuka peluang sembuh dan mencegah penyakit berkembang lebih parah.

Pengobatan penyakit jantung coroner memang membutuhkan obat yang tepat. Karena pengobatan setiap orang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Tergantung kondisi penyakit masing-masing dan keadaan kesehatan seseorang. Yang perlu diingat adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. Penyakit jantung coroner menjadi sangat berbahaya jika tidak dicegah sebelumnya.

Menjaga jantung agar tetap sehat bisa dilakukan di rumah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, menjaga jantung agar tetap sehat bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat antara lain menjaga pola makan, merubah kebiasaan buruk menuju pada kebiasaan baik hingga rajin melakukan olahraga setiap hari. Kebiasaan buruk seperti minum minuman alcohol dan merokok perlu untuk dihentikan.

Sebab rokok dan alcohol lebih banyak merugikan kesehatan dibandingkan manfaatnya. Sehingga menghindari hal-hal yang buruk bagi kesehatan jangka panjang Anda, sebaiknya tinggalkan saja. Apabila masih berat dalam merubah kebiasaan buruk tersebut, lakukan secara bertahap namun pasti. Bisa perlahan mengurangi hingga kebiasaan buruk tersebut benar-benar berhenti. Rutin melakukan check up juga membantu Anda dalam mengetahui kondisi jantung sehingga mencegah lebih mudah ketika melakukan pemeriksaan secara berkala.

Check up juga bermanfaat dalam memantau penyakit berkembang seberapa jauh sehingga Anda lebih pasti dalam menentukan tindakan untuk mengatasinya. Tetapi semua hal tersebut kembali pada kondisi kesehatan masing-masing. Merawat tubuh agar tidak terserang penyakit jantung coroner memang membutuhkan ketelatenan dalam menjaga gaya hidup sehari-hari.

Jika Anda merupakan pecinta pengobatan herbal atau alami, bisa juga dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang bisa menjaga kolesterol dalam tubuh tetap dalam kondisi terbaik. Sumber dari segala penyakit adalah kolesterol tinggi, sehingga menjaga kolesterol agar tetap dalam kondisi baik tentu membutuhkan pengorbanan lebih. Dengan mengkonsumsi minuman penurun kolesterol alami yang Anda percaya. Pastikan membeli produk penurun kolesterol yang aman untuk dikonsumsi ya.