Manfaat Kandungan Cuka Apel Pada Ofir
08 Jul 2019

Manfaat cuka apel sudah tidak diragukan lagi, karena dari dulu cuka apel sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, perawatan kulit wajah dan lainnya. Manfaat cuka apel sudah diteliti oleh beberapa para ahli tetapi hasil penelitiannya masih kurang dipercaya oleh masyarakat. Buktinya masyarakat belum sepenuhnya memanfaatkan cuka apel dalam kehidupan sehari-hari.

Di Bawah Ini Adalah Beberapa Manfaat Cuka Apel

  1. Mengatur Kadar Gula Dalam Tubuh
  2. Menurunkan Berat Badan
  3. Menjaga Kesehatan Jantung
  4. Sebagai Obat Psoriasis Alami
  5. Mencegah Diare
  6. Mengatasi Gangguan Asam Lambung, Sembelit Dan Maag
  7. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Ekstrak Cuka Apel Di Dalam Ofir

Cuka apel tidak hanya dikonsumsi secara langsung. Cuka apel juga dapat dikonsumsi melalui minuman lain. Salah satu minuman yang mengandung cuka apel adalah Ofir. Produk minuman herbal yang mengandung kombinasi bahan alami (cuka apel, jahe, madu, lemon, bawang putih lanang dan stevia) untuk menurunkan tingkat gula darah dan kolesterol. Minuman Ofir cocok dikonsumsi bagi Anda yang menderita penyakit tersebut.

Fokus bahasan produk Ofir kali ini yaitu pada kandungan manfaat cuka apel. Pasti Anda belum mengetahui bahwa cuka apel memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh.

Ofir merupakan minuman sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Hasil konsumsi Ofir dapat maksimal jika dilakukan secara rutin. Salah satu kandungan yang terdapat pada minuman sehat Ofir yaitu cuka apel.

Manfaat cuka apel sangat baik untuk kesehatan. Apalagi kandungan cuka apel pada Ofir ini murni alami dari buah apel sehingga aman dikonsumsi. Berikut merupakan manfaat cuka apel yang berada di minuman Ofir.

1.Mengatur Kadar Gula Dalam Tubuh

Kadar gula tubuh harus selalu diperhatikan, karena kadar gula dapat berubah menjadi tinggi yang bisa menyebabkan penyakit serius seperti diabetes. Bila terlanjur memiliki kadar gula tinggi, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi Ofir. Kandungan cuka apel didalamnya mampu menurunkan kadar gula.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal diabetes care  yaitu cuka bisa membuat insulin tubuh menjadi lebih sensitif. Saat Anda memakan karbohidrat tinggi, insulin bekerja lebih berat untuk menjaga kadar gula tidak naik.

Menurut Carol seseorang yang mempelajari cuka apel selama kurang lebih 10 tahun mengungkapkan bahwa manfaat cuka apel yaitu meningkatkan efek antiglikemik. Artinya cuka apel mampu menghambat proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh sehingga kadar gula tidak meningkat secara drastis.

2.Menurunkan Berat Badan

Manfaat cuka apel yaitu dapat menurunkan berat badan. Penelitian cuka apel yang mampu menurunkan berat badan ini sudah dilakukan oleh dokter ahli gizi. Dokter menyatakan bahwa penelitiannya dilakukan kepada objek (manusia). Objek penelitian diminta minum cuka apel sebanyak 2 sdm setiap hari selama satu bulan. Hasil penelitiannya menunjukkan objeknya mengalami penurunan berat badan sekitar 1 sampai 2 kg.

Cuka apel memang dapat menurunkan berat badan namun, bukan berarti selama berminggu-minggu Anda hanya mengkonsumsi cuka apel saja. Proses penurunan berat badan bisa diiringi dengan mengatur pola makan yang sehat dan olahraga rutin setiap hari. Makanan yang dikonsumsi harus mengutamakan menu empat sehat lima sempurna. Perbanyak konsumsi buah sebagai camilan setiap hari.

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Kadar lemak (lipid) dalam darah yang banyak dapat menyebabkan gangguan penyakit jantung. Salah satu cara mencegah terjadinya penyakit jantung adalah menurunkan kadar lemak. Anda bisa menurunkan kadar lemak dengan cara konsumsi cuka apel. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 dengan objek tikus betina, hasilnya yaitu terjadi penurunan lemak pada tikus betina tersebut.

Penelitian dilanjutkan tahun 2017 dengan menggunakan objek tikus jantan yang obesitas. Ternyata hasilnya menunjukkan sama. Terjadi penurunan lemak secara signifikan terhadap tubuh tikus jantan. Bahkan penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi pembuluh darah dan kesehatan jantung tikus makin baik.

4. Sebagai Obat Psoriasis Alami

National Psoriasis Foundation menyatakan bahwa manfaat cuka apel bisa digunakan untuk obat penyakit psoriasis alami. Biasanya digunakan untuk mengobati psoriasis yang terjadi di kulit kepala.

Cuka apel mengandung sifat antiseptik, sehingga dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi yang ditimbulkan oleh psoriasis. Penderita psoriasis telah membuktikan adanya penurunan gejala psoriasis. Gejalanya turun setelah mereka rutin mengkonsumsi cuka apel setiap hari.

5. Mencegah Diare

Pembuatan cuka apel dilakukan melalui proses fermentasi sehingga di dalamnya mengandung senyawa pektin. Senyawanya mampu mendukung pertumbuhan bakteri baik yang ada di usus. Bakteri baik berperan penting dalam proses pencernaan, salah satunya yaitu mencegah peradangan di organ pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan.

Cuka apel mengandung antibiotic alami yang bisa menghancurkan bakteri salmonella dan E.coli. Bakteri tersebut menyebabkan penyakit diare. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan cuka apel bisa memperlambat proses pencernaan ketika diare. Jenis cuka apel yang bagus untuk penderita diare adalah cuka apel mentah.

 6. Mengatasi Gangguan Asam Lambung, Sembelit Dan Maag

Cuka apel mengandung bakteri baik dan kaya probiotik. Bila cuka apel dikonsumsi, dapat menjaga kesehatan organ pencernaan. Cuka apel juga berperan dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh, mencegah terjadinya sembelit dan meredakan asam lambung.

Meski cuka apel kaya akan kandungan asam aset namun, cuka yang dikonsumsi sesuai aturan bisa menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan.

 7. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Manfaat cuka apel selanjutnya yaitu dapat mengatasi gangguan tengorokan seperti infeksi dan radang. Gangguan tersebut disebabkan oleh bakteri.

Konsumsi cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, karena bakteri tidak bisa hidup pada pH asam cuka apel.

Sakit tenggorokan dapat sembuh dengan cepat bila Anda konsumsi cuka apel secara rutin. Tidak perlu banyak-banyak, cukup dua sendok setiap hari sampai sembuh.

Waow banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan. Meski baik bagi kesehatan, cuka apel tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi cuka apel dalam jumlah banyak bisa menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh.

Efek Samping Dibalik Manfaat Cuka Apel

                Cuka apel memiliki efek samping berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu jangan konsumsi cuka apel terlalu banyak, karena dapat menimbulkan efek samping pada berikut ini.

  1. Kerusakan gigi, minuman asam seperti cuka apel dapat merusak bagian lapisan gigi, sehingga lapisan enamel terus mengikis sampai gigi berlubang.
  2. Menyebabkan luka pada kerongkongan, mengkonsumsi cuka apel secara berlebihan dapat membuat kerongkongan luka. Bila luka terlalu lama dibiarkan, bisa menimbulkan peradangan.
  3. Menghambat pengosongan perut, cuka apel yang dikonsumsi dapat menghambat proses penyerapan sari-sari makanan.
  4. Penurunan kadar gula, terlalu banyak konsumsi cuka apel bisa menurunkan tingkat kadar gulu dalam tubuh dalam jumlah yang banyak. Terjadinya penurunan kadar gula secara drastis dapat menyebabkan hipoglikemia atau kekurangan darah sehingga berkurangnya pasokan gula darah di otak. Penderita bisa mengalami pingsan setiap saat dan koma.

Demikian efek samping yang ditimbulkan oleh cuka apel. Ingin menghindari efek samping tersebut sebaiknya konsumsi cuka apel sesuai takaran.

Selain itu lebih aman jika Anda minum cuka apel yang berada di produk lainnya seperti Ofir. Kandungan cuka apel di Ofir sudah diberi takaran khusus sehingga tidak menimbulkan efek samping.