Manfaat dan Cara Konsumsi Buah Lemon

Thursday, February 28th, 2019

Tahukah Anda bahawa manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol sangat ampuh? Sejak dulu buah lemon digunakan dalam bidang kesehatan untuk menurunkan lemak jahat penyebab kolesterol.

Manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol telah terbukti pada penelitian yang dilakukan oleh American Dietetic Association.

Hasil penelitian menyatakan bahwa kandungan lemot yang memiliki rasa pahit (limonoids) bisa menurunkan kadar kolesterol.

Lemon mengandung berbagai macam senyawa dan gizi. Setiap 100 gr lemon mengandung selenium, manganese, tembaga (copper), seng (zinc), sodium, potassium (kalium), fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, cholin, kalori, karbohidratm air, protein, gula, serat, lemak, Vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Kandungan buah lemon saling bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Memang manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol sudah tidak diragukan lagi namun, perlu diketahui kalau lemon juga dapat membahayakan kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Konsumsi lemon terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan asam lambung (GERD). Oleh sebab itu, Anda harus mengkonsumsi lemon sesuai takaran yang dianjurkan. Biasanya setiap hari dibatasi minimal mengkonsumsi lemon sebanyak 1 buah.

6 Manfaat Buah Lemon Untuk Penderita Kolesterol

Penasaran bagaimana cara kerja buah lemon dalam menurunkan kolesterol jahat? Tenang saja Anda bisa mengetahui secara detail manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol berikut ini.

  1. Kandungan flavonoid yang tinggi

Buah lemon mengandung senyawa flavonoid yang cukup tinggi khususnya limonon dan eriocitrin. Kedua senyawanya dapat dirasakan oleh Anda ketika memakan buah lemon.

Rasanya pahit diikuti dengan asam. Nah rasa pahit itulah yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat di tubuh.

Menurut penelitian Kournal of Food Science edisi 2006 menyatakan bahwa mengkonsumsi senyawa eriocitrin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol secara bertahap.

Mulai dari menurunkan kolesterol LDL kemudian trigliserida dilanjutkan dengan fosfolipid dalam tubuh.

Menurut studi penelitian yang dimuat pada Alternative Therapies tahun 2007, wanita dan pria yang memiliki kolesterol tinggi bisa turun dengan cara rutin mengkonsumsi vitamin E dan senyawa flavonoid.

Bila penderita rutin konsumsi selama 1 bulan maka, bisa terjadi penurunan kadar kolesterol hingga sebesar 30%.

Kandungan lainnya dari lemon yang bisa menurunkan kolesterol adalah limonon, fungsinya menurunkan prduksi zat dalam hati yaitu apoliproprotein B yang berperan dalam merangsang peningkatan kadar kolesterol.

  1. Kandungan vitamin C yang tinggi

Manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol bisa dilihat pada fungsi vitamin C di dalamnya.  Vitamin C biasa disebut dengan asam askorbat, fungsi asam askorbat yaitu memberi rasa buah lemon menjadi asam.

Manfaat vitamin C pada buah lemon yaitu dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam darah dan lipid. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian yang dimuat pada Journal of Physiological Scienses Nigeria tahun 2006.

Menurut journal tersebut bila mengkonsumsi vitamin C setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh. misalkan mencegah terjadinya hipertensi, menurunkan kolesterol, dan mencegah asterosklerosis.

  1. Kandungan serta yang tinggi

Serat diperlukan bagi tubuh untuk melancarkan proses pencernaan. Saat proses pencernaan lancar, tidak ada penimbunan lemak dalam tubuh.

Berbeda sekali jika proses pencernaan tidak lancar maka lemak jahat atau lainnya bisa menumpuk sehingga meningkatkan kadar kolesterol.

Makanan berserat dapat dilarutkan dengan pektin, lemon mengandung pektin yang tinggi. Fungsi pektin mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cepat.

Itulah manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol. Setiap kandungannya memiliki peranan penting dalam menurunkan kolesterol yang tinggi.

Tidak heran jika penderita kolesterol sering mengkonsumsi buah lemon agar bisa turun kadar kolesterolnya. Anda ingin mendapatkan manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol secara maksimal, sebaiknya konsumsi buah lemon dengan rutin setiap hari dan gunakan cara konsumsi yang tepat.

Buah Lemon untuk Penderita Kolesterol Harus Dikonsumsi dengan Cara Khusus

                Agar mendapatkan manfaat buah lemon untuk penderita kolesterol dengan maksimal maka diperlukan cara mengkonsumsi yang tepat.

Ingat mengkonsumsi lemon tidak boleh sembarangan karena lemon juga bisa menyebabkan gangguan lambung, sehingga Anda harus selalu berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Ada beberapa cara mengkonsumsi buah lemon, Anda dapat memilih caranya sendiri yang disukai.

Cara pertama konsumsi lemon yaitu mengolah dengan mencampurnya bersama air hangat terlebih dahulu. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu peras air lemon sebanyak setengah gelas kecil atau besar.

Tambahkan air panas hingga penuh, kemudiankan tuangkan 2 sendok makan madu dan tambahkan gula secukupnya. Cicipi minuman lemon, bila rasanya sudah pas lanjutkan minum sampai habis.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk konsumsi buah lemon yaitu. Peras air lemon sebanyak dua sendok makan, minum langsung air perasan tersebut.

Selanjutnya minum air putih sebanyak satu gelas agar kandungan asam yang tinggi tidak mengenai dinding lambung.

                Waktu paling tepat minum ramuan lemon yaitu sebelum tidur. Lakukan hal ini setiap hari secara rutin. Saat konsumsi lemon pastikan Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, supaya tidak terjadi komplikasi.

Jika terpaksa harus mengkonsumsi obat dari dokter, lebih baik tanyakan ke dokter dahulu. Tanyakan apakah obat tersebut aman dikonsumsi bersama air lemon atau tidak.

 

Ofir Mengandung Manfaat Buah Lemon untuk Penderita Kolesterol

                Kolesterol dapat disembuhkan dengan cepat menggunakan Ofir. Produk ini diracik khusus menggunakan bahan alami lemon, cuka apel, madu, bawang lanang dan pemanis stevia.

Fungsi produk Ofir yaitu menurunkan kolesterol yang tinggi. Konsumsi Ofir secara rutin dapat menstabilkan kadar kolesterol.

Selama Anda mengkonsumsi Ofir, Anda bisa memakan makanan lezat apapun seperti gulai, soto, makanan bersantan, sate kambing, dan makanan penyebab kolesterol lainnya.

Meski makan makanan bersantan, kolesterol Anda tetap stabil karena minuman Ofir telah mengontrolnya dengan baik. Salah satu kandungan Ofir yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol adalan lemon.

Buah lemon pada Ofir berfungsi sebagai vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imunitas, menurunkan lemak jahat, melancarkan proses pencernaan dan menurunkan kolesterol.

Ofir dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Batas minimum usia anak yang dapat mengkonsumsi Ofir yaitu di atas 5 tahun, sedangkan anak dibawah 5 tahun tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsinya.

Anak-anak dianjurkan mengkonsumsi Ofir dengan takaran lebih sedikit. Misalkan satu saset Ofir, bisa dibagi menjadi dua kali minum. Untuk orang dewasa bisa mengkonsumsinya satu saset sekaligus.

Produk herbal gula Ofir memiliki aturan pemakaian. Ofir tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, Ofir hanya dapat dikonsumsi sehari 3 saset.

Cara mengkonsumsinya dapat mencampurnya dengan susu, teh, atau minuman lainnya. Dianjurkan untuk meminumnya sehari 3 kali sesudah mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula.

Ofir merupakan produk herbal terbaik yang dapat menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh tetapi juga menimbulkan efek samping negatif.

Efek samping ini hanya dirasakan oleh seseorang yang mengalami alergi terhadap produk, apabila Anda menemukan gejala alergi setelah minum Ofir sebaiknya berhenti mengkonsumsinya.