Jangan Salah! Inilah Deretan Makanan Yang Mengandung Kalori

Thursday, June 7th, 2018
Makanan Yang Mengandung Kalori

Bagi Anda yang saat ini sedang bingung bagaimana caranya menaikkan berat badan, maka jangan risau dahulu. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori bisa membantu Anda untuk menambah berat badan lho! Jadi bagi Anda yang berada pada kondisi underweight tak perlu pusing lagi ya.

Kalori sendiri merupakan salah satu bagian dasar energi yang bisa ditemukan pada makanan maupun minuman pada umumnya. Meski begitu seringkali kalori ini dianggap sebagai musuh utama bagi orang yang sedang berdiet. Namun tetap saja mengonsumsi kalori sangatlah penting guna mempertahankan fungsi vital dalam tubuh kita. Maka dari itu mari kita simak deretan makanan yang mengandung kalori berikut ini.

 

Pilihan Makanan yang Mengandung Kalori

Perlu Anda ketahui jika setiap orang membutuhkan asupan kalori yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis kelamin, usia, serta massa ototnya. Adapun rata-rata kebutuhan kalori seseorang yakni 2000 kalori untuk setiap harinya.

Maka dari itu makan makanan yang mengandung kalori terlalu sedikit justru tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan lama kelamaan dapat membuat orang tersebut menjadi kurus. Kalau sudah begini maka dapat memicu berbagai gangguan dalam tubuh.

Berbeda dengan Anda yang sedang mengalami overweight maka sebisa mungkin hindari makanan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Sedangkan jika Anda yang merasa masih kurang cukup dalam berat badannya maka tidak ada salahnya jika mengonsumsi makanan yang mengandung kalori dengan jumlah yang sewajarnya saja berikut ini.

  1. Makanan berminyak dan berlemak

Makanan yang mengandung kalori paling mudah Anda jumpai adalah pada makanan berminyak dan berlemak. Makanan tersebut mengandung 902 kkal per 100 mg minyak sayurnya atau bisa dibilang satu sendok makannya mengandung 117 kkal yang bisa Anda dapatkan. Makanan ini sendiri bisa Anda peroleh dari nasi goreng, kerupuk, gajih ataupun gorengan misalnya.

  1. Makanan olahan cepat saji

Seperti yang kita ketahui makanan yang diolah secara cepat saji memiliki kalori yang cukup tinggi karena kandungan lemaknya. Ada pula resiko jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan cepat saji tersebut, seperti diabetes, kanker, darah tinggi hingga serangan jantung.

  1. Daging

Makanan yang mengandung kalori juga bisa Anda dapatkan dari daging. Hal ini dikarenakan kandungan lemaknya yang tinggi sehingga membuatnya mengandung kalori yang berkadar tinggi pula. Diantara olahan daging yang memiliki kadar kalori tinggi yakni sate kambing.

Adapun 10 tusuk sate bisa mengandung jingga 775 kkal dimana 50% nya adalah lemak. Hal ini bahkan belum termasuk dengan nasi putih yang mengandung 129 kkal per 100 gramnya.

  1. Mie instan

Makanan yang mengandung kalori lainnya bisa Anda peroleh dari mie instan. Satu bungkus mie instan yang Anda konsumsi mampu memberikan sekitar 330 kalori. Terlebih lagi jika dimakan menggunakan nasi putih. Jadi memang untuk mendapatkan kalori pada makanan itu cukuplah mudah ya.

  1. Dressing salad

Dressing salad juga termasuk makanan yang mengandung kalori. Hal ini dikarenakan bahan utama pembuatannya adalah susu yang merupakan lemak hewani. Dressing salad sendiri per 100 gramnya bisa mengandung sekitar 631 kkal.

  1. Susu

Susu memang identik dengan nutrisi kalsiumnya yang baik untuk tulang maupun tubuh. Namun nyatanya susu juga termasuk ke dalam jenis makanan yang mengandung kalori yang cukup tinggi mencapai 452 kkal per 100 gramnya. Apabila khawatir akan tingginya kalori maka Anda bisa memilih susu yang rendah lemak atau kalori yang saat ini sudah banyak diedarkan di pasaran.

  1. Cokelat

Cokelat juga termasuk makanan yang mengandung kalori khususnya cokelat hitam/cokelat kakao.  Cokelat jenis tersebut umumnya digunakan untuk pembuatan kue. Adapun 100 mg cokelat hitam tersebut mengandung kalori hingga 589 kkal.

  1. Aneka kacang-kacangan

Beragam jenis kacang-kacangan seperti kacang mede, kacang tanah, kacang almond dan lain sebagainya bisa mengandung jumlah kalori per 100 mgnya hingga 718 kkal. Meski begitu, kacang-kacangan ini juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti magnesium, protein, folat, serat, zink, vitamin E misalnya.

  1. Alpukat

Buah alpukat ini juga tergolong ke dalam makanan yang mengandung kalori sekitar 160 kkal untuk setiap 100 gramnya. Disamping itu buah alpukat nyatanya juga kaya akan serat, lemak jenuh, dan juga asam folat.

Perlu diketahui juga jika Anda mengonsumsinya dengan cara dijus  maka semakin tinggi pula kalorinya akibat penambahan gula dan juga susu. Adapun buah lain yang berkalori tinggi adalah kelapa, kurma hingga mangga.

  1. Es krim

Siapa yang tidak menyukai es krim? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa umumnya semua menyukai es krim apapun jenisnya. Anda juga bisa mendapatkan kalori jika mengonsumsinya.

Hal ini dikarenakan es krim sendiri mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi. Tentu bagi orang yang sedang berada pada program diet makanan yang satu ini harus dihindari.

Jadi bagaimana? Makanan yang mengandung kalori manakah yang akan Anda konsumsi untuk menambah berat badan? Atau bagi Anda yang sedang diet makanan manakah yang menjadi prioritas Anda untuk dihindari? Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tidaklah salah, yang terpenting jangan berlebihan dan juga imbangi dengan olahraga serta istirahat yang teratur.

Pelajari lebih lanjut tentang : penurun kolesterol herbal