Daftar Makanan Untuk Penderita Diabetes

Thursday, June 7th, 2018
Makanan Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes atau yang biasa dikenal penderita kencing manis memang dituntut untuk bisa mengatur pola makannya dengan sebaik-baiknya. Mulai dari jumlahnya, jadwalnya hingga jenis makananya. Kurangnya jumlah insulin dan terjadinya resistensi insulin bisa membuat penderitanya harus benar-benar waspada agar gula darah tidak melonjak. Karena itu, sudahkah Anda mencermati makanan untuk penderita diabetes yang tepat?

Daftar Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Tepat

Perlu diketahui, kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh setelah mengonsumsi makanan bisa memicu munculnya komplikasi makrovaskuler misalnya saja gangguan pada pembuluh darah dan penyakit jantung. Namun, risiko ini bisa diminimalisir apabila penderita diabetes selalu konsisten untuk menjalani gaya hidup yang sehat.

Mereka harus bisa memilih menu makanan yang mempunyai daftar indeks glikemik rendah serta menyertakan nutrisi penting misalnya saja kalsium, vitamin, serta potasium. Berikut adalah daftar makanan untuk penderita diabetes yang tepat.

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah salah satu makanan untuk penderita diabetes yang disarankan. Alasanya tidak lain karena kandungan di dalam cokelat itu sendiri. Cokelat adalah makanan yang mengandung flavanoid. Kandungan inilah yang mampu meningkatkan sensivitas insulin, mempercepat pengolahan glukosa dalam darah, serta mengurangi resistensi dalam insulin.

Kandungan flavanoid juga bermanfaat dalam mengurangi nafsu makan berlebih. Namun, tak semua cokelat mempunyai tingkat khasiat yang sama. Dalam hal ini, cokelat hitam menjadi satu-satunya jenis cokelat yang masuk ke dalam daftar makanan untuk penderita diabetes. Hal ini karena pada cokelat hitam terdapat lebih banyak cocoa. Sementara susunya hanya sedikit.

Penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen di tahun 2018 mengungkap bahwa orang-orang yang memakan makanan untuk penderita diabetes seperti cokelat hitam mempunyai keinginan rendah untuk mengonsumsi makanan yang manis serta berlemak apabila dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi cokelat susu.

Bila diteliti, kandungan flavonoid yang terdapat pada cokelat susu memang lebih rendah bila dibandingkan dengan cokelat hitam. Namun, coklat cokelat susu memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi.

2. Brokoli

Brokoli juga termasuk salah satu makanan untuk penderita diabetes yang disarankan. Studi yang dilakukan oleh Warwick University mengenai diabetes menyebutkan bahwa brokoli memiliki kandungan senyawa sulforaphane.

Senyawa inilah yang nantinya mampu memperbaiki serta melindungi dinding pada pembuluh darah dari adanya kerusakan kardiovaskular yang diakibatkan oleh diabetes.

Sulforaphane juga dapat memicu adanya proses anti inflamasi, kadar gula darah yang terkontrol, peningkatan mekanisme detoksifikasi secara alami dalam tubuh serta mampu meningkatkan tingkat produksi enzim yang mana mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab penyakit kanker.

Bahkan makanan untuk penderita diabetes ini juga mengandung kromiun yang dapat membantu dalam peningkatan sensivitas insulin tubuh penderitanya.

3. Blueberry

Di urutan ke tiga ada blueberrry. Makanan untuk penderita diabetes ini dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan serat tak larut. Manfaatnya sendiri adalah untuk menghilangkan lemak dari dalam tubuh.

Tak hanya serat tak larut, bulebery juga dikenal memiliki kandungan serta larut serat larut yang diproses lebih lama di dalam tubuh. Bahkan blueberry efektif mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Penelitian di USDA memperlihatkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi dua setengah gelas jus dari blueberry liar dalam kurun waktu 12 minggu memiliki kadar glukosa yang lebih rendah, daya ingat yang meningkat dan depresi yang teratasi.

Hal tersebut karena makanan untuk penderita diabetes berupa buah blueberry ini mengandung kandungan antosianin dan senyawa kimia yang alami.

Kandungan inilah yang efektif mengecilkan sel lemak serta memberikan stimulasi produksi adiponektin. Bahkan makanan untuk penderita diabetes tersebut juga memiliki hormon pengatur glukosa dalam darah.

Lebih dari itu, buah blueberry juga mampu menaikkan kadar adiponektin dan menjaga kadar glukosa dalam darah tetap berada di posisi bawah. Terakhir, buah ini dipercaya dapat meningkatkan sensifitas tubuh dari insulin.

4. Ikan

Ikan juga menjadi salah satu makanan untuk penderita diabetes. Ikan tidak hanya memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, namun juga membuat orang yang menyantapnya merasa kenyang dalam waktu lebih lama. Dalam ikan terdapat kandungan asam lemak omega 3. Kandungan ini dipercaya efektif meredakan peradangan.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang mempunyai kadar asam lemak omega 3 tinggi dalam darah cenderung mengalami inflamasi yang rendah.

Seperti diketahui, inflamasi yang cukup tinggi dan parah berdampak buruk pada berat badan dan memperparah diabetes. Karena itu, Anda disarankan agar menyiapkan makanan untuk penderita diabetes ini demi mengurangi potensi terkena stroke.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai daftar makanan untuk penderita diabetes. Pemilihan makanan dilakukan agar penyakit ini bisa disembuhkan.

Diabetes, bukanlah penyakit biasa karena berkaitan dengan gula dalam darah di tubuh. Karena itu, berhati-hatilah ketika hendak mengonsumsi makanan apabila Anda sudah terkena penyakit diabetes.

Artikel terkait : Penurun Kolesterol Herbal