Butuh Makanan Rendah Karbohidrat? Inilah Daftarnya

Thursday, June 7th, 2018
Makanan Rendah Karbohidrat

Sekarang ini sudah banyak orang yang menerapkan diet karbohidrat dengan hanya memakan makanan rendah karbohidrat. Bagaimana dengan Anda? Perlu diketahui bahwa karbohidrat sendiri adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohirat ini diperoleh dari makanan maupun minuman dalam bentuk gula dan tepung. Itulah yang nantinya berguna dalam proses metabolisme sel tubuh.

Namun hal yang berbeda jika energi yang kita keluarkan tidak sebanding dengan jumlah dari karbohidrat yang masuk. Itulah yang menyebabkan adanya penumpukan karbohidrat yang berupa gula berlebih sehingga akan menyebabkan munculnya resiko berbagai penyakit seperti diabetes. Wah, seram juga ya! Maka dari itulah yang menyebabkan beberapa orang memilih untuk memakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang rendah.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir dan pusing jika belum makan nasi maka belum kenyang. Deretan makanan rendah karbohidrat berikut ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama lho! Apa saja makanan tersebut? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

 

Daftar Makanan Rendah Karbohidrat Yang Mengenyangkan

Dengan memakan makanan rendah karbohidrat bukan berarti kita tidak merasa kenyang. Justru disini Anda akan menemukan daftar makanan rendah karbohidrat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama lho! Berikut daftar makanan tersebut.

  1. Ikan dan seafood

Salah satu jenis makanan rendah karbohidrat yang kaya akan manfaat adalah ikan. Ikan sendiri mengandung protein tinggi, seperti ikan tuna, salmon, dan ikan laut lainnya misalnya. Ikan laut tersebut banyak mengandung asam lemak omega 3 yang jika dimakan nantinya tidak akan menumpuk dalam tubuh sehingga menyebabkan berat badan bertambah. Justru ikan dan seafood inilah yang mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh.

  1. Telur

Telur juga termasuk makanan rendah karbohidrat yang bergizi dan juga banyak mengandung protein, mineral serta vitamin yang baik untuk pertumbuhan rambut dan juga kulit. Selain praktis dan mudah dalam mengolahnya, telur ini juga bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata lho!

  1. Daging merah

Selain ikan ataupun seafood, makanan rendah karbohidrat yang mengenyangkan lainnya adalah daging merah. Seperti daging sapi, kerbau ataupun kambing kecuali makanan dengan bahan daging olahan ya. Jadi jika Anda mengonsumsi makanan yang berbahan daging olahan maka bisa dipastikan makanan tersebut mengandung karbohidrat. Kalau sudah begini maka Anda harus memperhatikan kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut.

  1. Jamur

Jika Anda vegetarian maka jangan khawatir dahulu. Anda bisa menemukan makanan rendah karbohidrat pada jamur. Jamur sendiri memiliki beragam jenis yang bisa dikonsumsi dengan aman, seperti jamur kuping, jamur tiram ataupun jamur kancing misalnya. Adapun kandungan potasium dan vitamin B yang tinggi serta karbohidrat yang hanya sekitar 3% saja.

  1. Keju

Salah satu pilihan makanan rendah karbohidrat lainnya adalah produk susu seperti keju ini. Hal ini dikarenakan keju memiliki kandungan nutrisi berupa zat besi, vitamin A, seng, lemak, magnesium yang sangat bagus untuk perlindungan gigi dan antioksidan dalam tubuh.

  1. Yoghurt

Olahan hasil fermentasi ini juga bisa menjadi pilihan makanan rendah karbohidrat yang bisa Anda pilih. Selain sangat bermanfaat untuk pencernaan terutama usus dengan memberikan bakteri baiknya, produk yoghurt juga hanya mengandung sekitar 4 hingga 5% karbohidrat saja lho!

  1. Dark chocolate

Siapa sangka jika dark chocolate adalah makanan rendah karbohidrat yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Selain mengenyangkan, dark chocolate ini ternyata juga rendah gula lho! Jadi sangat cocok jika dijadikan teman diet Anda dirumah. Adapun manfaat yang bisa Anda peroleh adalah mengurangi tekanan darah, memperbaiki fungsi dari otak hingga menurunkan resiko penyakit jantung. Menarik bukan?

  1. Aneka kacang-kacangan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet karbohidrat maka sangat dianjurkan juga untuk mengonsumsi produk kacang-kacangan. Seperti kacang merah yang baik untuk tubuh. Produk kacang juga mengandung antioksidan dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh.

  1. Aneka jenis buah-buahan

Siapa sangka bagi Anda pecinta buah tanpa terasa telah melakukan diet karbohidrat. Selain merupakan jenis makanan yang sehat, buah juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan.

Bahkan kebanyakan dari jenis buah hanya mengandung karbohidrat yang sedikit. Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung maupun diolah menjadi makanan hingga minuman. Seperti jus, salad buah yang tentunya sangat menyegarkan dan menyehatkan tubuh.

Jenis buah yang termasuk ke dalam makanan rendah karbohidrat juga sangat banyak. Seperti buah alpukat, kelapa, zaitun, melon, aprikot, nanas, pepaya, pisang, semangka, apel, jeruk, lemon, manggis strawberry, blueberry hingga kiwi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan Anda.

Jadi sekali lagi jangan ragu dan malas untuk memakan makanan rendah karbohidrat ya. Mengingat manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh serta tetap mengenyangkan.

 

 Artikel menarik lainya : penurun kolesterol paling ampuh