Makanan Pantangan Diabetes Yang Harus Segera Dihindari

Thursday, June 7th, 2018
Makanan Pantangan Diabetes

Bagi para penderita diabetes, menjaga asupan makanan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, asupan makanan memiliki pengaruh besar terhadap munculnya penyakit diabetes. Karena itu, ada sederet makanan pantangan diabetes yang perlu diketahui agar Anda dapat menjaga pola makan dengan baik. Bahkan, banyak orang menyebut menghindari makanan pantangan tersebut merupakan cara yang efektif agar tubuh bebas dari sakit gula.

Makanan Pantangan Diatebes Yang Perlu Dihindari

Kira-kira makanan pantangan diabetes apa saja yang sebaiknya perlu dihindari oleh penderita diabetes? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini sudah ada penjelasan mengenai sederet makanan yang memiliki pengaruh besar terhadap penyakit diabetes. Anda dapat menghindari beberapa makanan pantangan diabetes ini demi menyembuhkan penyakit Anda.

1. Minuman Manis

Minuman manis menjadi salah satu dari sekian banyak makanan pantangan diabetes yang harus segera dihindari terutama oleh mereka yang sudah lama menderita penyakit diabetes dan gula darah tinggi. Selama ini minuman manis dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi penderita diabetes. Minuman ini mengandung kandungan gula yang berlebihan.

Beberapa minuman manis yang sebaiknya dihindari karena masuk ke dalam daftar makanan pantangan diabetes adalah teh, kopi, limun dan soda kaleng. Minuman-minuman tersebut memiliki kandungan fruktosa yaitu zat yang masih ada kaitannya dengan resistensi atau peningkatan insulin serta diabetes.

Bahkan penelitian memperlihatkan bahwa mengonsumsi minuman yang manis dan bisa meningkatkan risiko diabetes. Ini bisa terjadi karena kadar fruktosa tinggi di dalam minuman yang manis dan makanan pantangan diabetes bisa menyebabkan adanya perubahan metabolik. Bila sudah begini, lemak perut pun akan ikut naik dan kolesterol serta trigliserida dapat berpotensi membahayakan.

2. Lemak Trans

Makanan pantangan diabetes selanjutnya ialah lemak trans. Dimana Anda dapat menemukan lemak trans tersebut? Lemak trans biasa ditemukan di dalam selai kacang, margarin, gorengan bahkan kreamer. Tahukah Anda kebanyakan produsen makanan biasanya akan menambahkan lemak trans di dalam roti manis, bolu, biskuit serta makanan panggang yang lain. Tujuannya sendiri ialah agar bisa memperpanjang umur makanan tersebut.

Lemak trans sebenarnya tidak secara langsung dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Hanya saja lemak trans dapat menjadikan tingkat kolesterol HDL yang tadinya baik menjadi menurun. Tak hanya itu, lemak trans menyebabkan kinerja arteri menjadi terganggu. Beberapa efek makanan pantangan diabetes tersebut bisa dibilang sangat rentan bagi para penderita diabetes lantaran para penderitanya cenderung lebih mudah terkena penyakit jantung.

3. Menu Berkarbohidrat Tinggi

Makanan pantangan diabetes yang perlu dihindari ketiga ialah yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Menu makanan yang berkarbohidrat misalnya saja nasi putih, roti putih dan pasta. Makan makanan pantangan tersebut terbukti dapat meningkatkan gula darah dengan signifikan terutama bagi para penderita diabetes tipe satu dan dua.

Selain itu, dalam sebuah studi menunjukkan bahwa menu makanan pantangan diabetes yang mengandung karbohidrat tinggi tak hanya dapat menaikkan gula darah saja namun juga dapat menurunkan kinerja otak serta mental terutama pada penderita diabetes tipe dua.

Sementara dari studi lainnya menunjukkan bahwa kebiasaan mengganti roti putih yang notabenenya adalah makanan pantangan diabetes dengan menu yang mengandung serat tinggi sangat efektif dalam mengurangi gula darah utamanya bagi penderita diabetes itu sendiri. Lebih dari itu, mengganti kebiasaan mengonsumsi roti putih akan membantu tubuh menurunkan tekanan darah dan juga sebagai penurun kolesterol secara alami

4. Menu Yoghurt

Makanan pantangan diabetes selanjutnya yaitu yoghurt. Bagi beberapa orang menu yoghurt dinilai sehat. Namun, sebenarnya menu ini bisa menyehatkan namun juga bisa menjadi menu yang membahayakan kesehatan.

Yoghurt terbuat dari susu non lemak atau yang biasa dikenal susu rendah lemak serat di dalamnya memiliki karbohidrat hingga kandungan gula. Masyarakat Indonesia memang saat ini kebanyakan familiar dengan yoghurt.

Namun, perlu disadari bahwa bila Anda mengonsumsi yoghurt sekitar 245 gram atau setara dengan satu cangkir, yoghurt tersebut mengandung 47 gram kandungan gula.

Artinya, jumlah 81 persen kalori dalam satu cangkir makanan pantangan diabetes ini berasal dari kalori. Meski begitu, banyak orang justru menganggap menu yoghurt beku merupakan menu alternatif yang sehat bila dibandingkan dengan es krim.

Tahukah Anda bahwa hal tersebut justru tidak benar. Ketimbang memilih menu makanan yang kaya dengan kandungan gulanya, sebaiknya Anda memilih yogurt jenis susu.

Yoghurt beku dapat mengakibatkan gula darah serta insulin menjadi melonjak. Berbeda dengan yoghurt susu yang bahkan tidak mengandung gula. Yoghurt ini dapat meningkatkan nafsu makan serta baik untuk kesehatan usus.

Nah, itulah beberapa makanan pantangan diabetes yang sebaiknya diperhatikan karena dapat memperparah penyakit diabetes. Tak hanya itu, makanan dan minuman di atas juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya misalnya penyakit jantung dan beragam jenis penyakit diabetes termasuk diabetes tipe satu dan dua.