Ketahui 6 Jenis Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi

Thursday, June 7th, 2018
Makanan Mengandung Kolesterol

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun WHO pada tahun 2011 yang lalu, hampir 35 persen orang Indonesia memiliki risiko terkena kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia. Penyakit kolesterol tinggi adalah saat kondisi tubuh memiliki kadar kolesterol melebihi normal. Tentu saja hal ini bisa memicu masalah komplikasi penyakit yang serius seperti stroke dan serangan jantung. Salah satu faktor penyebab terjadi kolesterol tinggi adalah konsumsi makanan mengandung kolesterol yang berlebihan.

 

6 Jenis Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi

Seorang yang punya kolesterol tinggi harus mengontrol makanannnya, khususnya jenis makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Nah kesemuanya harus dikonsumsi secara bijak.  Berikut 6 jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi.

  1. Hati

Banyak orang begitu suka dengan menu olahan yang berasal dari jerohan hewan seperti organ hati. Selain memiliki rasa yang enak, hati juga mengandung zat besi. Tetapi, Anda juga harus tahu bahwa hati merupakan makanan dengan kadar kolesterol tinggi yang wajib dikonsumsi secara bijak. Organ dalam ini merupakan tempat pembuatan dan pembuangan kolesterol dalam tubuh hewan.

  1. Daging merah

Jenis makanan mengandung kolesterol selanjutnya adalah daging merah yang berasal dari hewan sapi, domba dan babi. Makanan ini sebaiknya benar-benar dihindari khususnya penderita kolesterol tinggi yang telah terserang penyakit jantung.

  1. Ayam goreng

Ayam bisa menjadi solusi alternatif untuk menggantikan posisi makanan mengandung kolesterol seperti daging merah sebagai asupan nutrisi protein dalam tubuh. Namun, ayam yang digoreng mengandung banyak lemak dan padat kalori sehingga masuk dalam kategori makanan mengandung kolesterol yang tidak boleh dikonsumsi.

  1. Kentang goreng

Harvard School of Public Health menerbitkan sebuah studi penelitian bahwa kentang memiliki kadar kolesterol tinggi. Lemak trans yang besar berasal dari minyak nabati yang terhidrogenasi. Kalau Anda pecinta kentang goreng selama ini, sebaiknya atur kembali pola makan agar tidak berisiko terkena penyakit kolesterol.

  1. Es krim

Siapa yang menyangka jika makanan enak yang disukai banyak kalangan mulai anak-anak hingga dewasa ini masuk dalam kategori makanan mengandung kolesterol? Fakta membuktikan bahwa satu sendok es krim saja mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan burger atau donat. Padahal, selama ini banyak orang menyarankan menghindari fast food saja.

Semangkuk es krim manis memiliki kandungan 4,5 gram lemak jenuh yang tidak baik dikonsumsi tubuh secara berlebihan. Anda bisa mengganti makanan mengandung kolesterol ini dengan frozen yogurt yang lebih menyehatkan.

  1. Kuning telur

Makanan mengandung kolesterol yang mungkin telah diketahui banyak orang adalah kuning telur. Satu biji kuning telur mengandung kolesterol mencapai 186 mg. Meski begitu kuning telur tetap menjadi salah satu makanan bergizi yang wajib dikonsumsi.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan kaya protein ini secara bijak. Mayo Clinic dari US menyebut bahwa konsumsi kurang dari 4 butir kuning telur selama satu minggu tidak akan membuat seseorang terkena kolesterol tinggi.

6 jenis makanan mengandung kolesterol di atas bisa memberikan wawasan baru bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat dan bebas kolesterol. Toh, tubuh manusia tetap membutuhkan kadar kolesterol untuk memproduksi hormon, menghasilkan vitamin D dan membantu sistem pencernaan. Hal yang perlu diwaspadai adalah bila kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi atau tidak normal. Kondisi ini akan membuat aliran darah menjadi tersumbat dan rawan terkena serangan stroke atau penyakit jantung.

 

Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika tubuh mengalami kadar kolesterol tinggi, Anda wajib menjaga pola hidup teratur. Lakukan olahraga yang rutin, menjaga berat badan dan mengkonsumsi makanan bergizi yang sehat. Selain mengetahui makanan mengandung kolesterol yang wajib dihindari, sebaiknya Anda juga tahu jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah berikut ini.

  1. Gandum

Membiasakan sarapan dengan oat atau gandum bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 5,3 persen. Ubah pola makan Anda dengan membiasakan diri sarapan gandum yang mampu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh.

  1. Salmon

Salmon mengandung lemak omega 3 yang bisa meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Konsumsi menu makanan ikan salmon tentu bisa menjadi solusi alternatif jenis makanan mengandung kolesterol yang berasal dari daging hewan seperti sapi.

  1. Kacang-kacangan

Jenis makanan kacang-kacangan dianjurkan dikonsumsi para penderita kolesterol tinggi sebab mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 9,3 persen. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung kalori yang bermanfaat untuk tubuh.

  1. Bawang putih

Makanan yang juga disarankan dikonsumsi penderita kolesterol tinggi adalah bawang putih. Bumbu masak satu ini mampu menghentikan penyumbatan arteri akibat efek penumpukan makanan mengandung kolesterol. Selain itu, bawang putih juga berfungsi mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah serta menjaga tubuh dari infeksi.

  1. Alpukat

Coba saja rajin mengkonsumsi jus alpukat yang berkhasiat sebagai penurun kolesterol tercepat dalam tubuh! Ya, buah alpukat mengandung kolestrol-smashing beta-sitosterol atau lemak nabati yang mampu mengurangi risiko konsumsi makanan mengandung kolesterol setiap hari. Namun, Anda juga harus mengkonsumsi jus atau buah ini secara bijaksana agar tidak mengalami peningkatan berat badan. Pasalnya, alpukat juga mengandung kalori tinggi yang wajib diperhatikan.

Daftar makanan di atas bisa dijadikan referensi makanan pendukung untuk mengurangi kadar kolesterol. Masih ada banyak jenis makanan seperti anggur merah, minyak zaitun, biji-bijian, teh dan lain-lain yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sayangi diri sendiri mulai sekarang dengan memberlakukan pola hidup sehat dengan menghindari makanan mengandung kolesterol tinggi serta mengkonsumsi makanan sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah!