Makanan Berlemak yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan Anda. Cari Tahu, Yuk!

Thursday, June 7th, 2018
Makanan Berlemak

Dewasa ini, penyakit kolesterol tinggi tidak hanya diidap oleh orang-orang yang berusia lanjut namun juga kalangan produktif. Pola hidup yang tidak sehat menjadi faktor penyebab yang paling utama. Jika tidak ditangani lebih lanjut, kadar kolesterol tinggi bisa memicu penyakit yang lebih serius seperti jantung koroner dan stroke. Makanan berlemak bisa mempengaruhi kadar kolesterol Anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan lho! Sebaiknya Anda mengetahui makanan yang mengandung lemak jahat dan lemak baik.

Ketahui Jenis Makanan Berlemak

Makanan berlemak tidak hanya menyebabkan kadar kolesterol naik sebab ada lemak baik yang terkandung dalam makanan. Lemak baik ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi normal seperti mengikat sel hati serta menjaga produksi kolesterol tetap seimbang.

Nah, lemak jahat membuat kadar kolesterol dalam tubuh naik signifikan. Lemak jahat dalam makanan ini terdiri dari dua jenis yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Berikut pengertian keduanya yang wajib Anda ketahui.

  • Lemak jenuh

Merupakan jenis lemak yang banyak ditemukan pada daging, produk susu, olahan daging yang bisa membuat hati memproduksi kolesterol jahat dalam tubuh lebih banyak.

  • Lemak trans

Merupakan jenis lemak jahat yang terdapat pada produk makanan berlemak yang digoreng seperti gorengan, makanan cepat saji dan minuman kemasan. Lemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Diantara deretan makanan yang memiliki lemak diatas, ada jenis makanan yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup serta cara memasak yang benar, Anda bisa merasakan manfaat makanan tersebut dibandingkan dengan dampak negatif yang diberikan. Untuk mendapatkan jenis lemak baik pada makanan seperti daging, Anda bisa mengubah cara memasak dengan merebus atau meminimalisir penggunaan minyak goreng.

5 Makanan Berlemak Yang Sehat Untuk Tubuh

Anda juga harus mempertimbangkan nutrisi dan kesehatan diri sendiri agar tidak terlalu menghindari makanan yang berlemak. Mengkonsumsi telur dalam jumlah tepat sangat baik untuk kesehatan meskipun kuning telur adalah makanan yang meningkatkan kadar kolesterol tinggi. Selain telur, Anda harus tahu 5 jenis makanan berlemak yang sehat untuk tubuh berikut ini.

  1. Ikan

Jenis ikan tuna, sarden, salmon dan makerel merupakan menu protein yang bisa Anda konsumsi asal tidak terlalu berlebihan. Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Kandungan makanan berlemak ini bisa membantu menurunkan risiko terkena stroke atau penyakit jantung. Juga dipercaya bisa menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer. Tentu Anda harus memilih jenis ikan yang bebas dari bahaya merkuri, ya!

  1. Alpukat

Buah yang enak ini memiliki kalori yang berasal dari lebih 70 persen lemak. Namun, makanan berlemak satu ini masuk dalam kategori lemak sehat sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Alpukat merupakan buah antioksidan yang mengandung mineral tinggi, folat, serat, potassium, zat besi dan kandungan bermanfaat lain.

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang kenari dan kacang almond bisa dijadikan menu makanan berlemak sehat sebagai camilan. Makanan ini mengandung lemak, magnesium, vitamin E, serat dan protein nabati. Biji-bijian seperti biji bunga matahari juga bisa menjadi camilan yang mengandung vitamin E tinggi.

Hal yang harus diperhatikan agar Anda mendapatkan manfaat makanan berlemak ini adalah konsumsi produk kacang yang bebas gula, garam serta diolah tanpa menggunakan minyak.

  1. Cokelat hitam

Makanan berlemak lain yang tak kalah bermanfaat adalah cokelat hitam. Ya, makanan ini mengandung lemak, mineral serta anti oksidan yang cukup tinggi. Manfaat cokelat hitam adalah mampu menjaga fungsi otak serta menjaga kesehatan kulit dari pengaruh radikal bebas sinar UV.

Hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan manfaat cokelat hitam secara menyeluruh adalah membeli produk cokelat hitam asli yang tidak memiliki bahan campuran lain. Bisa jadi kandungan lemak sehat dalam cokelat hitam hilang sebab telah tercampur dengan bahan lain.

  1. Minyak zaitun murni

Bagi Anda yang memang ingin memulai hidup sehat sepenuhnya, bisa mencoba mengganti produk minyak goreng biasa dengan minyak zaitun murni. Makanan berlemak tinggi yang baik bagi kesehatan ini sangat bermanfaat sebagai penurun kolesterol tinggi yang menumpuk dalam darah.

Selain itu, minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Minyak kanola dan minyak nabati juga wajib dipertimbangkan sebab memiliki manfaat yang sama dengan minyak zaitun.

Beberapa jenis makanan berlemak sehat di atas bisa Anda jadikan bahan referensi untuk memulai hidup sehat yang lebih baik. Kelola dengan bijak konsumsi jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol naik.

Namun, bukan berarti Anda harus menghindari sepenuhnya jenis makanan berlemak yang mengandung kolesterol tinggi seperti telur, udang atau jerohan. Selama konsumsi tidak berlebihan, Anda bisa menekan risiko kolesterol tinggi yang mungkin saja terjadi.