Tips Memilih Jus Buah Untuk Diet yang Baik

Thursday, June 7th, 2018
Jus Buah Untuk Diet

Memiliki berat badan diatas rata-rata memang sering dipermasalahkan banyak orang. Bukan hanya soal penampilan, berat badan berlebihan atau obesitas berisiko terkena berbagai penyakit seperti penyakit diabetes, kolesterol dan lain-lain. Banyak pula yang mencoba berbagai cara diet untuk menurunkan lemak dalam tubuh. Hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin sukses menurunkan berat badan adalah mengkonsumsi jus buah untuk diet yang tepat.

 

3 Cara Memilih Jus Buah Untuk Diet Yang Baik

Jika ingin mengkonsumsi jus buah untuk diet, pastikan bahwa Anda memang minum jus buah asli. Dewasa ini, banyak sekali produk minuman yang memiliki sari buah saja. Anda tidak harus melakukan perhitungan jumlah kalori gula atau komposisi lain untuk memastikan program diet aman asal mengetahui 3 cara efektif berikut ini.

  1. Memilih jenis buah yang mengandung serat tinggi

Jus buah untuk diet yang bagus adalah mengandung serat tinggi sehingga Anda tidak cepat lapar. Kondisi perut yang kenyang dalam jangka waktu lama bisa mengontrol nafsu makan Anda. Hal ini disebabkan oleh asupan berserat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh.

Buah yang mengandung serat tinggi dan sangat direkomendasikan antara lain mangga, leci, jambu biji dan apel. Kandungan serat jambu biji paling besar diantara buah yang lain yaitu mengandung 5,4 gram atau mampu mencukupi kebutuhan serat harian 22 persen.

  1. Mengetahui waktu mengkonsumsi jus buah yang tepat

Diet yang baik bukan berarti Anda menghindari konsumsi makanan lain kecuali jus buah. Tentu hal ini bisa berdampak pada kekurangan nutrisi tubuh Anda sendiri. Sebaiknya ketahui jadwal tepat untuk mengkonsumsi jus buah untuk diet yang baik. Anda bisa memulai program diet baru yang lebih efektif dengan mengkonsumsi jus yang kaya serat pada pagi hari.

Kondisi perut yang kosong pagi hari sangat pas untuk mengkonsumsi minuman manis ini. Anda bisa mengkonsumsi jus buah untuk diet minimal setengah jam atau satu jam menjelang makan. Setidaknya Anda bisa mengontrol keinginan makan berlebihan karena telah mengkonsumsi minuman menyehatkan ini.

  1. Mencari informasi seputar konsumsi jus buah yang sesuai dengan tubuh

Mungkin Anda bingung menentukan jumlah porsi jus buah untuk diet yang ideal. Ya, berdasarkan National Health Service, setiap orang memiliki takaran atau porsi jus buah yang berbeda tergantung dengan umur dan kebutuhan. Jadi, Anda tidak bisa menentukan porsi satu kali atau dua kali lebih efektif.

Agar hasil diet Anda maksimal, sebaiknya konsultasi ke ahli gizi untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Orang dewasa sendiri membutuhkan setidaknya takaran 80 gram buah setiap hari atau Anda bisa mengkonsumsi setidaknya 150 mililiter jus buah untuk diet untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Jus buah untuk diet sangat besar manfaatnya untuk Anda yang tengah menjalani program diet. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa jus buah memang asli tanpa ada kandungan tambahan yang lain. Anda tidak akan mendapatkan manfaat konsumsi jus buah jika menambahkan gula berlebihan. Risiko terkena penyakit diabetes mellitus 2 bisa saja terjadi sebab anjuran konsumsi gula sangat terbatas yakni hanya enam sendok teh saja per hari.

 

Gaya Hidup Sehat Mendukung Program Diet Terbaik

Kini, Anda mungkin bisa mulai mempraktekkan program diet terbaik dengan mengkonsumsi jus buah secara teratur. Namun, konsumsi jus buah untuk diet harus diimbangi dengan gaya hidup sehat berikut ini.

  1. Mengkonsumsi air putih

Minum air putih 8-10 gelas per hari sangat baik bagi kesehatan tubuh sebab 80 persen tubuh terdiri dari cairan. Selain terhindar dari dehidrasi, air putih juga akan membantu program diet Anda. Minum air putih akan membantu perut kenyang dalam jangka waktu lebih lama.

  1. Mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik

Diet bukan berarti Anda boleh melewatkan jadwal makan dan hanya mengkonsumsi jus buah untuk diet saja. Sebaiknya tetap patuhi aturan makan yang telah ada. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik seperti sayuran. Jangan mencoba melewatkan waktu makan sebab akan membuat nafsu makan Anda cenderung meningkat lebih drastis. Efeknya, Anda akan mengkonsumsi makanan dua kali lipat lebih banyak saat lapar.

  1. Istirahat yang cukup

Pastikan diri Anda tetap beristirahat cukup setiap hari untuk mendukung program diet yang tengah dijalani. Tidak tidur pada malam hari akan membuat Anda cenderung memiliki keinginan makan tengah malam. Hal ini tentu akan membuat program diet yang dijalani sia-sia belaka.

  1. Olahraga rutin

Selain mengkonsumsi jus buah untuk diet, Anda wajib melakukan olahraga secara rutin agar tubuh sehat dan prima. Bergerak aktif juga akan membantu menurunkan berat badan hingga 40 persen lho. Jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk menurunkan berat badan antara lain jogging, berenang, aerobik dan lain-lain.

Nah, kini Anda tak perlu bingung lagi cara menurunkan berat badan yang efektif. Konsumsi jus buah untuk diet yang dipadukan dengan kegiatan positif akan menurunkan berat badan secara alami.

Anda tidak berisiko terkena penyakit karena mencoba menurunkan berat badan menggunakan program diet ekstrem seperti memakai obat kimia berbahaya. Yuk, rajin konsumsi jus buah untuk diet yang juga mengandung manfaat untuk tubuh!

Baca lebih lanjut : penurun kolesterol alami