Gejala Penyakit Diabetes Pada Pria dan Wanita Yang Sering Terjadi

Thursday, June 7th, 2018
Gejala Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes bisa menyerang semua orang tanpa peduli gender baik pria dan wanita. Bagi pria yang memiliki kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol tentu memiliki risiko mengalami diabetes lebih besar. Sedangkan wanita juga berpotensi mengalami diabetes lebih besar daripada pria jika mengalami masalah obesitas.  Gejala penyakit diabetes secara umum antara lain rasa haus yang berlebihan, mengalami buang air kecil lebih intens dan luka tak kunjung sembuh.

Selain gejala penyakit diabetes secara umum tersebut, Anda juga harus mengetahui gejala yang ditunjukkan pria dan wanita secara khusus. Berikut ulasan lengkap seputar gejala penyakit yang ditunjukkan masing-masing gender.

 

Gejala Penyakit Diabetes Khusus Pada Pria

Penyakit diabetes memang dipengaruhi oleh faktor genetik dan gaya hidup yang tidak sehat. Pria cenderung memiliki potensi mengalami diabetes karena pola hidup yang kurang baik ini. Berikut beberapa gejala penyakit diabetes yang banyak terjadi pada kaum pria.

  1. Intensitas buang air kecil yang terus terjadi

Kadar gula dalam darah mengalami kelebihan sehingga merangsang tubuh untuk segera mengeluarkan kelebihan tersebut. Hal ini sering terjadi pada malam hari hingga mengganggu kualitas tidur. Efek dari intensitas buang air kecil yang berlebihan ini adalah rasa haus yang tak terkontrol akibat tubuh mengalami dehidrasi. Baca juga : Penurun Kolesterol Herbal

  1. Penurunan berat badan secara drastis

Gejala yang paling mencolok adalah penurunan berat badan secara drastis. Pembuangan gula dalam darah yang berlebihan menjadi salah satu faktor penyebabnya. Makanan yang masuk tidak bisa diubah insulin menjadi energi dalam tubuh sehingga berat badan menjadi kurang maksimal.

  1. Gangguan penglihatan

Katarak terjadi pada para penderita diabetes yang telah lama akibat gula menutup lapisan pada lensa mata. Gejala penyakit diabetes ini juga bisa terjadi pada wanita yang mengalami diabetes dalam jangka waktu lama. Solusi menangani gangguan penglihatan ini adalah operasi menggantikan lensa yang rusak dengan lensa buatan.

  1. Mengalami peningkatan nafsu makan

Meski berat badan cenderung tidak naik, nafsu makan para penderita diabetes meningkat drastis. Hal ini disebabkan oleh gula dalam tubuh tidak bisa menjadi energi sehingga tubuh terasa lebih lemas dan membutuhkan asupan makanan terus menerus.

  1. Disfungsi ereksi

Gejala penyakit diabetes yang membuat banyak pria depresi adalah disfungsi ereksi. Ya, kemampuan para pria membangkitkan kembali gairah menjadi berkurang akibat penyakit diabetes yang diderita. Gangguan ini disebabkan oleh sistem aliran darah di sekitar syaraf ginjal dan alat kelamin tak lagi optimal. Pada kondisi diabetes yang telah akut, hal ini bisa berkembang lebih parah seperti impotensi.

  1. Luka yang tak kunjung sembuh

Gejala penyakit diabetes yang lain adalah luka yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Penyempitan pembuluh darah membuat suplai darah berkurang sehingga para penderita disarankan merawat kulit dengan baik saat terluka.

  1. Kerusakan sel syaraf

Sel syaraf yang mengalami kerusakan pada penderita penyakit diabetes adalah syaraf sensorik, motork dan otonom. Kerusakan sel syaraf banyak terjadi pada kaum pria yang mengalami diabetes.

 

Gejala penyakit diabetes pada wanita

Meskipun wanita bisa saja mengalami gejala penyakit diabetes seperti yang dialami kamu pria, berikut ada 4 gejala yang khusus terjadi pada kaum Hawa.

  1. Mengalami sariawan dan infeksi jamur ragi

Para wanita akan mendapatkan gejala penyakit diabetes khusus yaitu mengalami sariawan dan infeksi jamur ragi atau yeast pada organ intim. Cairan ludah para penderita diabetes mengandung gula sehingga menyebabkan sariawan terjadi akibat bakteri.

  1. Infeksi saluran kemih

Penyakit diabetes menyebabkan tubuh mengalami kekurangan sel darah putih  dan sel T. Padahal tugas kedua sel ini adalah melawan infeksi bakteri, kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh penderita juga mengalami penurunan kekebalan sehingga infeksi saluran kemih menjadi gejala penyakit diabetes yang sering terjadi.

  1. Disfungsi seksual

Gejala penyakit diabetes pada kaum wanita juga ditunjukkan pada gairah seksual yang cenderung menurun. Hal ini disebabkan oleh kerusakan sistem syaraf akibat neuropati diabetik. Rasa gatal atau kehilangan rasa terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan dan organ intim wanita. Vagina menjadi tidak peka dan wanita mengalami penurunan keinginan seksual.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik merupakan gejala penyakit diabetes yang hanya dialami kaum wanita. Kalenjar adrenal memproduksi hormon laki-laki dibandingkan hormon wanita. Akibatnya terjadi masalah siklus menstruasi yang tidak teratur, depresi, jerawat dan berat badan naik. Sindrom ini juga menyebabkan resistensi insulin yaitu organ vital pankreas mampu menghasilkan cairan insulin namun tidak terserap dengan baik oleh tubuh.

Gejala penyakit diabetes di atas wajib diwaspadai agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar terhindar dari risiko penyakit diabetes yang menyebabkan angka kematian di Indonesia semakin meningkat. Menjaga pola makan, istirahat teratur dan olahraga yang baik menjadi kunci memiliki tubuh yang bebas dari penyakit.