Cara Mudah Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan
08 Jul 2019

Sakit tenggorokan tentu bukan hal yang menyenangkan, sebab Anda merasakan gejala seperti flu. Jika rasa sakit tersebut akibat infeksi tenggorokan berupa virus atau bakteri, Anda bakal merasakan gejala seperti leher bengkak, nyeri, sakit kepala, kelelahan, bisa pula mengalami demam, dan sebagainya. Infeksi tenggorokan ini disebabkan oleh penularan bakteri Streptococcus. Untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan, Anda bisa melakukan 7 langkah bermanfaat di bawah ini.

7 Langkah Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan Anda. Diantaranya:

  1. Mengkonsumsi Obat Yang Dijual Bebas

Untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan, Anda bisa memilih obat berupa ibuprofen atau acetaminophenbisa membantu mengurangi nyeri dan demam. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi aspirin sebab bisa terkena resiko sindrom Reye.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Menyembuhkan infeksi tenggorokan bisa Anda lakukan dengan mencoba berkumur dengan air garam. Cukup campurkan seperempat sendok teh garam dengan air hangat secukupnya saja dan posisikan gelas dengan benar. Posisikan gelas pada mulut dan miringkan kepala sejenak, lalu kumur selama kurang lebih setengah menit saja. Ulangi dua kali sehari hingga terasa lebih ringan sedangkan anak-anak harus dibawah bimbingan orangtua agar si kecil tidak menelan air garam keseluruhan.

  1. Minum Air Putih Secara Cukup

Agar Anda bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan secara alami, sebaiknya menjaga asupan air putih secara maksimal. Banyak sekali penderita mengalami dehidrasi karena kekurangan asupan mineral. Hal ini dikarenakan rasa sakit saat menelan apapun termasuk minum air putih saja.

Kalau Anda merasa ingin lebih lega dan hangat, bisa memilih segelas teh hangat atau campuran lemon segar dan sesendok madu. Dijamin tenggorokan akan terasa lebih plong dibandingkan menelan air dingin biasa.

  1. Menjaga Istirahat Dengan Baik

Cara terbaik menyembuhkan infeksi tenggorokan adalah menjaga pola istirahat dengan baik. Tidur yang baik bisa membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang yang tengah sakit infeksi tenggorokan, sebaiknya memperbanyak istirahat di rumah saja. Aktivitas di luar rumah baik sekolah atau bekerja sangat berpeluang menyebarkan infeksi akibat bakteri pada teman-teman.

  1. Menggunakan Pelembab Ruangan

Untuk meringankan rasa sakit tenggorokan Anda, bisa memilih menggunakan pelembab ruangan. Pelembab ruangan bisa menambah uap air saat tubuh tengah beristirahat baik siang atau malam hari. Pelembab ruangan yang baik bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan atau setidaknya mengurangi rasa sakit.

Namun, ada hal yang wajib Anda perhatikan jika ingin memasang pelembab ruangan yaitu harus rutin membersihkan setiap hari. Pasalnya, pelembab ruangan merupakan alat yang mudah ditinggali kuman dan bakteri.

  1. Menggunakan Permen Pelega Tenggorokan Atau Semprotan

Permen atau semprotan yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan atau menyembuhkan infeksi tenggorokan bisa menjadi salah satu alternatif mengurangi rasa sakit. Produk yang telah bersertifikasi BPOM bisa berguna untuk meringankan gejala sakit dan mencegah iritasi.

  1. Memilih Jenis Makanan Yang Mudah Ditelan

Dalam menyembuhkan infeksi tenggorokan, Anda wajib memilih makanan yang mudah ditelan atau memiliki tekstur yang lembut. Makanan terlalu kasar atau kering bisa menyebabkan sakit di tenggorokan semakin parah. Jenis makanan yang bisa Anda masukkan dalam menu harian antara lain sup, yoghurt, saus apel, atau kentang tumbuk sebagai asupan energi tubuh. Jangan pula memilih makanan yang memiliki rasa pedas sebab bisa membuat infeksi tenggorokan yang Anda derita semakin parah.

7 langkah menyembuhkan infeksi tenggorokan di atas bisa Anda coba terapkan agar segera sembuh dari rasa sakit berlebihan. Sebaiknya Anda juga waspada dan menghindari faktor yang bisa menyebabkan masalah infeksi tenggorokan kian parah. Anda tidak boleh merokok atau menghindari paparan asap rokok, polusi, atau uap dari cat pembersih tertentu.

Jika rasa sakit yang Anda derita tak kunjung menunjukkan kesembuhan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter terkait akan melakukan pemeriksaan swab dengan cepat sebelum mengecek sampel ke laboratorium. Hasil pemeriksaan akan memberikan fakta kuat terhadap diagnosis tersebut. Tentu dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan yang Anda derita.

Selain itu, jaga kesehatan diri untuk mencegah penularan infeksi tenggorokan ya! Mencuci tangan dengan bersih, menutup mulut saat batuk atau bersin, menghindari penggunaan benda pribadi dengan orang lain, atau hati-hati menjaga kesehatan diri saat berada di tempat umum. Selama Anda bisa mempraktikkan hidup sehat, infeksi tenggorokan tidak akan menular pada tubuh.

Topik terkait : https://ofir.co.id/penurun-kolesterol/