Berbagai Macam Manfaat Bawang Putih Lanang

Thursday, December 6th, 2018
Ofir

Bawang putih merupakan bumbu masakan yang paling memiliki manfaat terpenting dalam menjadikan suata makanan menjadi makanan yang sangat enak. Bawang putih sendiri mengandung enzim allicin yang berfungsi dalam mengatasi berbagai masalah kulit serta berbagai macam penyakit.

Bawang putih lanang juga sering disebut dengan bawang putih tunggal. Bawang putih merupakan nama sekaligus umbi dari tanaman nya sendiri.

Bawang putih juga termasuk dalam famili Alliaceae dari genus Allium. Kandungan kallin yang ada didalam bawang putih membuat rasa bawang putih yang mentah terasa getir (pahit agak berasa pedas) ketika saat di konsumsi.

Bawang putih mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. bawang putih mengandung minyak atsiri yang memiliki khasiat sebagai anti bakteri alami.

Selain itu bawang putih juga mengandung saltivine, belerang, kalsium, protein, fosfor, besi, lemak dan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C. Selain dapat menjadi obat berbagai penyakit, bawang putih juga dapat menjadi bahan untuk merawat kecantikan.

Mengkonsumsinya dalam keadaan mentah maupun matang, dioles atau diambil sarinya kandungan dari bawang putih akan tetap sama dalam memberikan manfaatnya yang cukup besar.

Banyak sekali manfaat bawang putih lanang atau bawang putih tunggal ini bagi kesehatan dan kecantikan. Bawang putih juga telah menjadi bahan pengobatan tradisional sejak jaman dahulu, berikut beberapa manfaat bawang putih lanang atau bawang putih tunggal untuk kesehatan:

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi bawang putih lanang dapat membantu dalam menruunkan kadar kolesterol jahat (LDL)  yang ada di dalam darah. Bawang putih dapat menekan kolesterol hingga sekitar 20 mg/dl, selain itu bawang putih lanang juga bisa menurunkan kadar trigliserida yang ada di dalam tubuh. untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) konsumsilah bawang putih lanang tiga sampai empat siung saat perut masih dalam keadaan kosong atau belum diisi oleh makanan.

  1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Banyak yang telah melakukan riset terhadap manfaat bawang putih lanang ini, salah satunya ialah dengan mengkonsumsi bawang putih lanang sekitar dua sampai tiga siung secara teratur dapat membantu dalam menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah. Zat allicin yang ada di dalam bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B serta thiamine dapat membantu merangsang pankreas dalam mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi bawang putih lanang atau bawang putih tunggal ini dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menangkal beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Hal ini dapat terjadi karena kandungan alliin dan alliinase yang ada di dalamnya.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Dalam penelitian yang dilakukan oleh HerbalFor, bawang putih lanang atau bawang putih tunggal ini terdapat sulphide yang dapat membantu liver dalam melawan pembelahan sel kanker yang terjadi secara tidak wajar.

  1. Mencegah Terjadinya Masuk Angin dan Penyakit Batuk

Hasil dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi bawang putih lanang atau bawang putih tunggal dengan secara terautur dapat membantu seseorang dalam menurunkan risiko terkena masuk angin dan penyakit batuk hingga lima puluh persen.

Dalam mendapatkan khasiat bawang putih lanang untuk mencegah masuk angin anda cukup menggerus dua buah siung bawang putih lanang lalu diseduh dengan air hangat dan bisa langsung dikonsumsi.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi bawang putih lanang atau bawang putih tunggal ini seperti mengobati penyakit wasir atau ambeien, menyembuhkan penyakit infuenza dan mengatasi penyakit asma.

Sebetulnya apakah anda mengetahui ciri bagaimana bentuk bawang putih lanang atau bawang putih tunggal ini? Sebenarnya jenis bawang putih lanang atau bawang putih tunggal ini juga sama seperti jenis bawang putih lainnya yang mengandung minyak atsiri, senyawa allicin dan masih banyak lagi.

Bentuk bawang lanang ini berbentuk bulat serta memiliki warna lebih putih dari pada jenis bawang putih lainnya. Bawang putih lanang ini masih jarang digunakan untuk keseharian dalam hal memasak dari pada jenis bawang putih lainnya.

Mencari jenis bawang putih lanang atau bawang putih tunggal ini pun agak susah karena yang menjual jenis bawang putih lanang ini masih belum banyak. Ada dua macam bawang putih lanang ini yaitu bawang putih lanang lokal dan bawang putih lanang import.

Dalam hal untuk pengobatan bawang putih lanang lokal lebih bagus dan khasiatnya lebih unggul, hal ini terjadi karena kemungkinan besar dalam hal proses penanamannya yang menggunakan cara alami yang bebas dan terhindar dari pestisida serta bahan kimia yang biasa digunakan oleh petani.

Selain baik untuk kesehatan, ternyata bawang putih lanang juga baik untuk pria dan wanita dalam hal kesuburan. Bagi wanita manfaat bawang putih lanang dapat meningkatkan kadar estrogen.

Dimana bawang putih ini dapat membersihkan darah serta membantu sirkulasi yang akan berdampak baik bagi wanita dalam hal stamina untuk mengandung. Vitamin C, vitamin B6 dan selenium yang ada di dalam bawang putih lanang ini dapat mencegah kelainan kromosom pada bayi saat dikandungan.

Dan bagi pria mengkonsumsi bawang putih lanang dapat menambahkan gairah seksualitas. Kandungan vitamin B6 berfungsi untuk memperkuat sistem imun dan mengatur hormon.

Selenium pada bwang putih lanang ini dapat menjadi antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan sperma. Sedangkan zat allicin yang ada di dalam bawang putih lanang ini dapat memperlancar sirkulasi darah ke bagian organ seksual.

Dari semua manfaat yang dikandung dari bawang putih lanang ini maka tak heran jika bawang putih lanang sering digunakan sebagai bahan obat herbal dalam menurunkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

Salah satu obat herbal penurun kolesterol dan penurun kadar gula ialah Ofir. Ofir merupakan terobosan terbaru yang berfungsi dalam memerangi lemak dan gula jahat tanpa harus mengurangi kenikmatan dalam mengkonsumsi makanan mengandung lemak dan mengandung gula.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan ofir juga bahan tradisional dan herbal, seperti madu, stevia, lemon, apel, jahe dan bawang putih lanang. Semua bahan yang digunakan sudah memiliki nutrisi yang baik dan sudah memiliki khasiat yang baik untuk tubuh dalam setiap bahannya.

Seperti madu juga telah menjadi obat tradisional sejak jaman dahulu karena dapat meningkatkan kinerja sistem metabolisme dan menjadi pelengkap sumber nutrisi dalam keseharian.

Cara mengkonsumsi ofir pun tidak sulit dan terbilang mudah karena hanya dengan larutkan ofir dengan air putih, teh ataupun minuman lainnya sudah bisa dikonsumsi.

Namun ofir akan lebih nikmat jika dikonsumsi dengan air es karena akan terasa kesegarannya. Mengkonsumsi ofir dalam jangka panjang juga tidak memiliki efek buruk karena bahannya yang herbal dan tidak memiliki efek samping yang buruk.