7 Cara Alami Mengobati Kulit Yang Terbakar Matahari
08 Jul 2019

Bersantai di bawah terik matahari memang menjadi aktifitas yang menyenangkan bagi sebagian besar masyarakat. Bisa saja, ketika berlibur di pantai sudah pasti kulit akan terpapar sinar matahari secara langsung saat bermain indahnya ombak. Sayangnya, setelah masa liburan yang menyenangkan di pantai, seringkali kulit mengalami sensasi terbakar atau bahkan iritasi bila paparan sinar matahari cukup menyengat. Itulah sebabnya, penting juga pengetahuan tentang cara mengobati kulit yang terbakar matahari nih!

Kulit yang terbakar matahari atau dikenal dengan istilah sunburn ini sebetulnya menyimpan bahaya lho! Ya, ketika kulit terbakar karena terlalu lama berjemur, maka sedianya harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Penanganan ini bisa dilakukan dengan mudah dan alami demi menjaga kulit agar tetap sehat sekaligus bisa beraktivitas nyaman. Simak ulasannya berikut.

 

Mengobati Kulit yang Terbakar Matahari Secara Alami

Berikut ini adalah 7 cara alami untuk mengobati kulit yang terbakar matahari, simak ya!

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Berjemur di bawah terik matahari, tentu sah-sah saja apalagi ketika sedang liburan di pantai. Namun, perhatikan kondisi kulit dengan baik ketika mengalami tanda-tanda sunburn ya! Pastikan segera menghindari paparan sinar matahari, termasuk jauhkan kulit dari pasir pantai, air laut dan klorin yang ternyata bisa menyebabkan iritasi semakin parah. Sediakan juga SPF 30+ bila memang ingin bermain cukup lama di pantai.

  1. Bilas Air Dingin

Cara alami untuk mengobati kulit yang terbakar matahari adalah dengan membilaskan air dingin. Saat kulit terkena sinar matahari dan mengalami iritasi, seringkali disertai dengan pembengkakan pada bagian tersebut. Coba untuk mandi menggunakan air dingin agar peradangan mereda serta menggunakan sabun yang diperkaya kandungan kedelai atau havermut untuk kembali menyegarkan pori-pori kulit.

  1. Menggunakan Es Batu

Es Batu adalah cara alami untuk mengobati kulit yang terbakar matahari. Saat mengalami iritasi dan peradangan karena sunburn, alangkah baiknya mengambil sedikit es batu dan masukkan dalam plastik. Bungkus menggunakan handuk lembut, kemudian kompres pada bagian kulit yang terbakar untuk mengurangi rasa tebal karena inflamasi.

  1. Oles Lidah Buaya

Seperti yang Kita tahu, lidah buaya sangat banyak manfaatnya. Ternyata kandungan aloe vera yang ada dalam tanaman ini juga bisa mengobati kulit yang terbakar matahari lho! Lidah buaya mengandung moisturizer alami untuk mengurangi efek peradangan yang dikarenakan sinar UV dari matahari. Sebaiknya, hindari pemakaian parfum dan lotion beraroma untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

  1. Hindari Skincare

Kulit yang terbakar sinar matahari perlu dilakukan refleksi agar lebih segar dan pori-pori bisa bernapas lebih nyaman. Oleh karenanya, pemakaian skin care juga wajib menjadi pertimbangan karena beberapa diantara mengandung bahan yang berbahaya. Pemakaian masker, obat jerawat, toner atau scrub yang akan memperparah kondisi kulit. Jangan juga menggunakan make up karena menghalangi pori-pori kulit mendapatkan oksigen baru.

  1. Konsumsi Air Putih

Setelah mengobati kulit yang terbakar matahari menggunakan cara alami dan menghindari beberapa produk kecantikan, saatnya lakukan penyegaran pada kulit. Dengan mengonsumsi air mineral alami, maka kulit akan terhindar dari dehidrasi yang memicu peradangan sebelumnya. Perbanyak mengonsumsi air apalagi ketika berada di luar ruangan dan pantai ya!

  1. Pakaian Berbahan Nyaman

Iritasi yang diawali dengan reaksi sunburn akan berisiko semakin parah ketika menggunakan pakaian ketat. Gunakan pakaian dengan bahan kain nyaman dan lebih mudah menyerap keringat, dan usahakan sirkulasi udara bisa masuk ke kulit. Hal ini akan menetralisir sensasi perih dan terbakar yang dialami.

Persiapkan dengan matang ketika akan melakukan aktifitas yang akrab dengan sinar matahari. Gunakan sun protection dengan SPF yang sesuai tingkat kebutuhan kulit, serta tambahkan asupan vitamin dari buah segar untuk menjaga kulit agar tidak mengalami dehidrasi.

Nah, begitulah kiranya 7 cara alami untuk mengobati kulit yang terbakar matahari. Semua langkah di atas merupakan cara paling aman saat kulit terkena sunburn dan belum membutuhkan tindakan medis. Untuk itulah, saat iritasi kulit semakin parah maka sebaiknya konsultasikan secara medis untuk mendapatkan resep krim obat atau tindakan lainnya yang akan mengurangi rasa sakit di kulit Anda.