5 Langkah Efektif Meredakan Demam
08 Jul 2019

Demam adalah suatu reaksi yang diberikan tubuh ketika terserang infeksi virus maupun bakteri. Dalam beberapa kasus, demam juga menjadi indikasi penyakit serius yang harus mendapat penanganan medis seperti ketika terinfeksi virus influenza, thypus, deman berdarah, dan masih banyak lainnya. Untuk itulah penting bagi seseorang mengetahui secara pasti langkah efektif meredakan demam sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Meredakan demam pada anak-anak maupun orang dewasa selama ini banyak dilakukan dengan melakukan kompres air dingin. Meski cara ini cukup ampuh menurunkan suhu tubuh yang panas tersebut, ada langkah lain yang disarankan sebelum menggunakan obat.

Ya, dengan beberapa bahan alami di sekitar Kita bisa saja meredakan demam yang terjadi pada anak maupun orang dewasa. Apa saja bahan tersebut? Simak di bawah ini ya!

Langkah Sederhana Untuk Meredakan Demam

Berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan ketika menghadapi kondisi demam tersebut.

  1. Manfaatkan Bawang Putih

Ternyata tanpa menggunakan obat, demam bisa diredakan menggunakan bumbu dapur yang sering ditemui lho! Bawang putih merupakan cara efektif untuk mengatasi suhu tubuh yang naik atau demam ini. Meredakan demam dengan bawang putih dilakukan dengan menumbuk halus bawang putih kemudian mencampurnya dengan 1 sendok makan yoghurt. Oleskan pada bagian dahi untuk sementara waktu agar demam turun.

  1. Perbanyak Minum Air dan Madu

Faktor dehidrasi kemungkinan juga bisa menjadikan seseorang mengalami demam. Cara efektif meredakan demam selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air mineral agar suhu tubuh mengalami penurunan. Boleh juga menggunakan buah segar atau jus lemon segar karena selain terhidrasi dengan baik, buah lemon juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selanjutnya, adalah dengan mengonsumsi madu. Madu diperkaya antioksidan alami yang akan meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi infeksi yang terjadi karena virus. Untuk mengurangi demam yang terjadi, bisa coba mengonsumsi madu 1 sendok makan setiap 3 jam. Langkah ini efektif menurunkan demam sejak hari pertama.

  1. Mandi Air Hangat

Bila berkenan untuk mandi air hangat, ini merupakan langkah efektif dalam meredakan demam. Logikanya, ketika suhu tubuh yang meningkat membutuhkan pengeluaran keringat yang sekaligus mengurangi panas tubuh. Dengan menggunakan air hangat untuk mandi, maka pori-pori kulit akan terbuka perlahan dan mengeluarkan keringat dan panas tubuh secara alami.

  1. Gunakan Ventilasi yang Baik

Langkah meredakan demam berikutnya adalah dari kondisi kamar yang harus dipenuhi dengan ventilasi bagus. Usahakan jendela kamar terbuka dan kamar mendapat sirkulasi udara yang baik untuk menunjang penurunan demam ini. Selain itu, hindari pemakaian pakaian tebal pada saat mengalami demam. Pakaian berbahan tebal atau selimut justru bisa meningkatkan demam seseorang.

  1. Jaga Pola Makan

Saat mengalami demam, kemungkinan besar seseorang akan sulit merasa lapar. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena secara otomatis akan berpengaruh pada kondisi tubuh keseluruhan. Tetap jaga pola makan selama mengalami demam yang lebih dari 24 jam. Pola makan yang baik bisa bermanfaat untuk mempertahankan kebutuhan nutrisi tubuh dalam melawan infeksi, sehingga panas tubuh bisa menurun.

Demam tidak bisa dibiarkan ketika kondisinya terjadi lebih dari 3 x 24 jam. Apalagi, ketika demam disertai gejala lain seperti pusing, mual, dan muntah yang menyebabkan tubuh semakin lemas. Perhatikan suhu tubuh setiap 4 jam sekali dan catat riwayat demam yang terjadi, Bila ternyata demam tidak berangsur turun selama 3 hari, sebaiknya ambil langkah medis yang tepat segera.

Beberapa penyakit serius awalnya dimulai dengan kondisi demam yang tidak kunjung sembuh dan memengaruhi pola makan penderitanya. Saat diagnose lebih cepat dilakukan, maka semakin mudah bagi penderita mengetahui penyebab demam yang dialami. Jadi, pastikan pemeriksaan medis ketika demam sudah diikuti dengan gejala lain yang merugikan kesehatan penderita tersebut.

Itulah beberapa langkah efektif untuk meredakan demam yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami atau tindakan lainnya. Usahakan tetap menggunakan obat sesuai petunjuk dokter bila suhu tubuh sudah mencapai 38 derajat Celcius selama 2 hari berturut-turut. Mengetahui diagnose demam lebih cepat akan mengurangi risiko munculnya penyakit lain dengan penanganan yang tepat.